FEATURED POST

KONSULTASI ONLINE = PILIHAN KARIR

 PILIHAN KARIR 


Memasuki usia remaja.. remaja dituntut untuk mampu menetapkan dan meletakkan pilihan karirnya sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya..

Saat berseragam putih abu-abu, remaja sudah diberikan pilihan untuk menentukan pilihannya di masa depan..


Orientasi masa depan remaja saat berseragam putih abu-abu harus sudah ada dalam keputusan yang tepat..


Untuk SMK, SMA dan Madrasah Aliyah remaja dihadapkan pada dua pilihan yaitu Bekerja atau Melanjutkan ke Perguruan Tinggi !!

Bagi siswa menentukan pilihan ini menjadi sangat sulit karena berbagai pertimbangan yaitu pilihan orangtua, pilihan minat dan bakat yang dimiliki, biaya dan lain sebagainya..

Berikut ini bisa menjadi tips bagaimana teman teman bisa memilih apa yang sesuai dengan teman- teman : 


1. Bagi siswa SMK menjadi lulusan SMK memang dicetak untuk siap kerja meskipun tidak memungkiri kenyataan di lapangan banyak juga yang melanjutkan ke perguruan tinggi.. Apabila memilih bekerja harus sudah mengetahui dan memahami dirimu sendiri yaa.. keterampilan apa yang bakal dibutuhkan tempat kerja atau bisa ngembangin bakat sendiri yang penting tekun dan ditelateni..kuncinya adalah jangan berorientasi untuk mendapatkan uang namun tetap berusaha berinovasi mengembangkan potensi diri..misal : mengikuti pelatihan yang sesuai dengan minat dan usaha, kembangkan relasi, belajar mempromosikan melalui media sosial atas hasil yang dikembangkan.. Apabila memilih kuliah maka bisa meneruskan berkarir sesuai dengan jurusan yang dipelajari di SMK !!


2. Bagi siswa SMA & Madrasah Aliyah.. orientasinya memang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.. nah, banyak yang nertanya tanya.. aku cocok jurusan apa yaa?? Untuk peluang kerja nanti gimana ya ?? 


Tips memilih jurusan : 

- Pilih jurusan yang kalian minat !! Minat yang dimiliki akan membuat teman teman bertahan untuk menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi.. beberapa teman - teman yang akhirnya pindah jurusan di semester akhir baru menyadari bahwa salah pilihan telah memilih jurusan di perguruan tinggi dan akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan di jurusan yang telah dijalaninya selama beberapa semester..

Jadi semangat yaaa..

Komentar