FEATURED POST

Skala Kepuasan Pernikahan (ENRICH Marital Satisfaction Scale)

 


Skala Kepuasan Pernikahan (ENRICH Marital Satisfaction Scale)

 

Blaine J. Fowers dan David H. Olson (1989), mengembangkan alat ukur yang bernama ENRICH Marital Satisfaction Scale (EMS). EMS adalah inventori kepuasan pernikahan multidimensional yang mengandung 10 skala kategori. Kesepuluh skala kategori ini adalah isu-isu kepribadian, komunikasi, resolusi konflik, manajemen keuangan, aktifitas di waktu luang, hubungan seksual, anak dan pengasuhan, teman, dan keluarga, kesetaraan peran, dan orientasi religius. Skala-skala ini telah dikembangkan melalui serangkaian analisa teoritis dan empiris (Fournier et al., 1983 : Olson et al., 1987, dalam Fowers & Olson, 1989).

 

Blue print Skala Kepuasan Pernikahan

 

 

 

Komponen dan keterangan

Indikator

Contoh item

Jumlah

Resolusi konflik Mengevaluasi sejauh mana sikap, perasaan, keyakinan individu tentang keberadaan dan      pemecahan     konflik dalam hubungan.

·       Keterbukaan pasangan dalam menyadari dan memecahkan masalah.

·       Strategi dan proses yang digunakan                                       untuk mengakhiri perselisihan.

·       Level kepuasan dalam cara memecahkan masalah.

·         Saya senang dengan keterbukaan kami dalam menyadari                              adanya masalah.

·         Saya puas dengan bagaimana                                   kami membuat keputusan dan memecahkan masalah.

2


 

Komponen dan keterangan

Indikator

Contoh item

Jumlah

Komunikasi

Mengukur                                     keyakinan, perasaan, dan sikap individu terhadap peran komunikasi dalam                           pemeliharaan hubungan.

·       Level kenyamanan masing- masing pasangan dalam kemampuan berbagi emosi dan keyakinan.

·       Persepsi                           kemampuan mendengarkan                             dan berbicara pasangan.

·       Persepsi                           kemampuan individu sendiri dalam berkomunikasi dengan pasangan.

·       Perasaan dipahami oleh pasangan.

·         Saya merasa nyaman dalam menyampaikan pendapat dan perasaan saya kepada pasangan saya.

·         Saya merasa pasangan saya tidak memahami saya.

·         Saya tidak senang dengan komunikasi kami.

3

Kesetaraan peran

Menilai perasaan dan sikap individu tentang berbagai macam peran dalam pernikahan dan keluarga.

·       Peran pencarian nafkah.

·       Peran dalam rumah tangga.

·       Peran      dalam                hubungan seksual.

·       Peran dalam pengasuhan anak.

·         Saya senang dengan bagaimana                                   kami

membagi tanggung jawab kami dalam rumah tangga kami.

·         Saya puas bahwa kami memiliki peran yang seimbang                                 dalam mengasuh anak.

 2

Waktu luang

Mengevaluasi         preferensi individu                                                      dalam

menggunakan waktu luang.

·       Aktivitas sosial versus aktivitas pribadi.

·       Preferensi penggunaan waktu luang untuk aktivitas bersama atau terpisah.

·         Saya     senang              dengan bagaimana                         kami

mengatur                             aktivitas waktu luang kami.

·         Saya     senang     dengan

waktu yang kami lalui bersama

2

 

 

Komponen dan keterangan

Indikator

Contoh item

Jumlah

 

Pengaturan keuangan Mengevaluasi     sikap                               dan perhatian                                            terhadap bagaimana isu-isu keuangan diatur dalam rumah tangga.

·       Kepuasan                                     dengan keputusan keuangan.

·       Kepuasan                                     dengan pengaturan keuangan.

·       Kepuasan dengan keadaan ekonomi keluarga.

·         Saya tidak senang dengan cara kami membuat keputusan- keputusan keuangan.

·         Saya tidak puas dengan keadaan keuangan kami.

      2

 

Seks

Menilai perasaan dan perhatian individu terhadap afeksi dan hubungan seksual dengan pasangannya.

·       Kepuasan dengan ekspresi kasih sayang.

·       Level kenyamanan dalam mendiskusikan isu-isu seksual.

·       Sikap terhadap tingkah laku seksual.

·       Keputusan pengaturan kelahiran anak.

·       Perasaan                                mengenai kesetiaan seksual.

·         Saya     senang              dengan bagaimana                         kami

menunjukkan                                   kasih sayang.

·         Saya     senang              dengan bagaimana                         kami

berhubungan                                 secara seksual.

    2

 

Anak dan pengasuhan Mengukur         sikap                           dan perasaan individu.

·      Kesadaran                                pasangan tentang dampak anak terhadap hubungan.

·      Bagaimana peran dan tanggung jawab orang tua dibuat.

·      Kesepakatan                                    tentang mendisiplinkan anak.

·      Kesesuaian tujuan dan nilai-nilai yang diinginkan untuk anak.

·      Persetujuan jumlah anak

yang diinginkan.

 

·         Saya senang dengan kehadiran anak dalam pernikahan                                   kami masing-masing dalam menangani tanggung jawab kami sebagai orang tua.

·         Saya senang karena kami sepakat dalam hal cara mendidik dan mengasuh anak.

       2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Komponen dan keterangan

Indikator

Contoh item

Jumlah

Keluarga dan Teman- teman

Menilai perasaan dan perhatian tentang hubungan dengan keluarga besar, mertua & ipar, dan teman- teman.

·      Sikap keluarga dan teman terhadap pernikahan.

·      Harapan mengenai jumlah waktu yang digunakan bersama keluarga dan teman.

·      Kenyamanan                                         yang dirasakan dengan hadirnya keluarga dan teman-teman pasangan.

·      Persepsi terhadap situasi yang                      berpotensi menyebabkan konflik atau kepuasan yang ditimbulkan oleh keluarga dan teman.

·         Saya senang dengan hubungan kami dengan mertua dan ipar.

·         Saya senang dengan hubungan kami dengan teman-teman pasangan saya.

·         Saya tidak senang dengan pengaruh yang ditimbulkan               oleh hadirnya orang tua, mertua dan ipar, dan teman-teman terhadap pernikahan kami.

    3

Agama

Menilai sikap, perasaan, dan perhatian terhadap arti keyakinan dan praktek- praktek keagamaan dalam konteks                                  hubungan pernikahan.

·      Arti dan pentingnya keterlibatan                                  kegiatan keagamaan.

·      Peran yang diharapkan dari keyakinan agama terhadap pernikahan.

·         Saya     senang              dengan bagaimana              kami masing-masing mempraktekan       nilai- nilai dan kepercayaan agama kami.

·         Saya     senang              dengan pengaruh                            agama

terhadap                         pernikahan kami.

    2

 

                Total           20 item                                                                                                                                   

 

 

Alat ukur ini juga menggunakan skala Likert, dengan enam pilihan respon jawaban dari “sangat tidak sesuai” sampai “sangat sesuai”, yang menyatakan kesesuaian responden dengan setiap pernyataan yang diberikan.

Cara Skoring Skala Kepuasan Pernikahan (ENRICH marital satisfaction scale)

 

Skala

Skor item positif (favourable)

Skor item negatif (unfavourable)

STS (Sangat Tidak Sesuai)

1

6

TS (Tidak Sesuai)

2

5

ATS (Agak Tidak Sesuai)

AS (Agak Sesuai)

3

4

4

3

S (Sesuai)

5

2

SS (Sangat Sesuai)

6

1

 

 

        Contoh Item pada Alat Ukur Kepuasan Pernikahan

 

Pernyataan

Jawaban

Saya tidak senang dengan pengaruh yang ditimbulkan             oleh hadirnya orang tua, mertua dan ipar, dan teman-teman terhadap pernikahan kami.

STS

TS

ATS

AS

S

SS

 

 

 

 

 

 

 

 

Skala Memaafkan

Sumber : Vania, Monica Sindhi. (2018). Hubungan Antara Kecenderungan Memaafkan Dengan Kepuasan Perkawinan Pada Individu Dengan Usia Perkawinan Minimal 5 Tahun Dan Memiliki Anak. Program Studi Psikologi Jurusan Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Skripsi. Diterbitkan

 

 

 

Blueprint :  Memaafkan

 

skala memaafkan ini disusun oleh Monica Sindhi Vania berdasarkan beberapa definisi yang disampaikan oleh Thompson (dalam Lopez & Synder, 2003) , Younger (dalam Sharon 2009), Jampolsky (2001), dan Worthington (2004).

Blueprint skala memaafkan :

No

Indikator

Favorable

Unfavorable

Jumlah

1

Berdamai dengan

orang yang telah menyakiti

3

3

 

6

2

Menghilangkan amarah dan kebencian

2

4

6

3

Membuang keinginan untuk membalas dendam

3

3

6

4

Membuang sikap untuk menjaga jarak

3

3

6

 

 

 

Total                                                                                                                     24

 
 

 

 

 

 


 

 


Skala memaafkan diukur menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban, yaitu Sangat Tidak Sesuai (STS), Tidak Sesuai (TS), Sesuai (S), dan Sangat Sesuai (SS). Pada item favorable, Sangat Tidak Sesuai (STS) diberi nilai 1, Tidak Sesuai (TS) diberi nilai 2, Sesuai (S) diberi nilai 3, dan Sangat Sesuai (SS) diberi nilai 4. Pada diberi nilai 4, Tidak Sesuai (TS) diberi nilai 3, Sesuai (S) diberi nilai 2, dan Sangat Sesuai (SS) diberi nilai 1.item unfavorable, Sangat Tidak Sesuai (STS)

 

No.

Pernyataan

Jawaban

STS

TS

S

SS

1

Saya melupakan apa yang sudah diperbuat orang lain,

meskipun hal tersebut menyakiti hati saya.

 

 

 

 

 

2

Masa lalu yang buruk membuat saya benci terhadap

diri saya sendiri.

 

 

 

 

3

Saya tidak merasa dendam terhadap orang yang

menyakiti saya.

 

 

 

 

4

Saya enggan bertemu dengan orang yang menyakiti

saya.

 

 

 

 

5

Saya bertegur sapa seperti biasanya kepada orang yang

menyakiti saya.

 

 

 

 

6

Kesalahan orang lain terhadap saya merupakan hal

yang membuat saya sedih dan marah.

 

 

 

 

7

Saya berharap orang yang menyakiti saya tidak

merasakan hal yang sama dengan saya.

 

 

 

 

8

Sikap saya berubah menjadi tidak nyaman ketika

bertemu dengan orang yang telah menyakiti saya.

 

 

 

 

9

Bagi saya, memaafkan kesalahan orang lain merupakan

hal yang mudah.

 

 

 

 

10

Ketika orang lain menyakiti saya, saya tidak bisa

berhenti memikirkan hal tersebut.

 

 

 

 


 

 

No.

Pernyataan

Jawaban

STS

TS

S

SS

11

Bagi saya, membalas dendam hanya akan menimbulkan

masalah yang baru.

 

 

 

 

12

Saya memilih jalan lain ketika berpapasan dengan

orang yang menyakiti saya.

 

 

 

 

13

Jika orang yang menyakiti saya terkena masalah, maka

itu adalah sebuah hukuman untuknya.

 

 

 

 

14

Ketika mengingat orang yang telah menyakiti, saya

masih sakit hati.

 

 

 

 

15

Seiring berjalannya waktu, saya dapat memahami

kesalahan yang telah orang lain perbuat terhadap diri saya.

 

 

 

 

16

Ketika orang lain menyakiti saya, saya berharap

mereka nanti akan merasakan halyang sama.

 

 

 

 

17

Perasaan saya biasa saja ketika berpapasan dengan

orang yang menyakiti saya.

 

 

 

 

18

Saya susah melupakan kesalahan orang lain

 

 

 

 

19

Saya merasa jika menyimpan kemarahan akan

membuat hidup tidak nyaman.

 

 

 

 

20

Saya berfikir sesuatu yang buruk akan terjadi pada

orang yang telah menyakiti saya.

 

 

 

 

21

Tidak menjadi masalah bagi saya jika duduk

berdampingan dengan orang yang menyakiti saya.

 

 

 

 

22

Saya tidak peduli lagi dengan orang yang menyakiti

saya.

 

 

 

 

23

Ketika orang lain menyakiti saya, sebaiknya saya

memutuskan hubungan dengan mereka.

 

 

 

 

24

Saya berusaha berkomunikasi dengan baik terhadap

orang yang menyakiti saya.

 

 

 

 


 

Komentar