FEATURED POST

PARENTING = FATHERHOOD

 Fatherhood 


Peran ayah bagi pertumbuhan dan perkembangan seorang anak mendapat perhatian besar bagi pola pengasuhan bersama.. 


Kelekatan Ayah dengan anak  bayinya sangat mempengaruhi kognitif dan emosionalnya..


Kenyataannya di lapangan seringkali dijumpai bahwa Ayah tidak ingin terlibat pada pola pengasuhan anak dan menganggap bahwa pengasuhan itu adalah tanggung jawab ibu.. Ayah merasa bahwa tugasnya adalah sebagai pemimpin rumah tangga & mencari nafkah..padahal peran Ayah dalam pengasuhan sangat dibutuhkan oleh anak untuk keseimbangan figur orangtua yaitu sosok Ayah dan sosok Ibu.


Figur Ayah dapat membantu mengeksplor eksistensi dan potensi anak melalui proses bermain bersama..


Bahkan menurut Santrock, peran Ayah dapat mengasah empati sejak usia kanak kanak hingga di usia dewasa karena mengalami lebih banyak kelekatan dan kehangatan pada fase usiak anak-kanak yang mempengaruhi kualitas tumbuh kembang anak laki laki maupun perempuan.

Figur Ayah dapat mempengaruhi kecenderungan permasalahan yang dialami oleh anak seperti cara mengungkapkan perasaan yang tertahan  atau bahkan bersikap agresif atau malah sebaliknya mengalami kecemasan


Tentunya apabila sudah memutuskan keputusan untuk menikah maka penting untuk memperhatikan pola pengasuhan anak... Peranan dan fungsi Ayah tentu tidaklah sama dengan Ibu..


Pada Ibu pusat orientasinya memang pada pengasuhannya dan Ayah lebih pada menanamkan nilai nilai kehidupan.. di mana Ayah merupakan pemimpin keluarga, bertanggung jawab penuh atas kesejahteraan istri dan anak anaknya..


Kelekatan dengan Ayah mengoptimalkan keberfungsian  Ayah bukan hanya tentang seputar reproduksi saja namun IKUT BERTANGGUNG JAWAB mengembangkan APA YANG TELAH DIPRODUKSINYA..


Karena tumbuh kembang anak bukan hanya tentang nutrisi lahiriah saja hanya tentang makan minum dan sehat namun juga dibersamai dengan kualitas rohaniah anak yaitu kelekatan bersama Ayah dalam pengasuhan yang dimaknai dengan nilai nilai keagamaan, kehidupan yang mestinya juga ditanamkan ilmu bela diri juga untuk pengembangan kualitas karakter yang TELAH DIPRODUKSINYA..hehe 

Hal ini yang mendukung anak untuk membuat mereka merasa lebih baik menggapai impian di masa depan..

Komentar