FEATURED POST

PARENTING : KETIKA BAYI MENANGIS


Bayi nangis iku ada beberapa sebab yaitu karena lapar, pipis, pup, digigit serangga, kepanasan atau kedinginan , kekeselen alias kelelahan.. karena hal itu membuat bayi tidak nyaman maka buatlah nyaman.. 

Yaa sebelum boyongan ikut suami pasti pengasuhan campuran deh.. simbah kakung, simbah putri, pakde, bude, om, tante dll pasti ikut andil dalam pengasuhan.. beda jauh eeeuuy saat udah diboyong suami mah.. karena hny berdua kita mengasuh bayi kita.. Banyak strategi sendiri ketika hanya Ayah dan bunda saja yg mengasuh bayi dirumah tanpa bantuan asisten hehe.. mungkin beberapa tips di bawah ini bisa membantu Ayah dan Bunda dengan peran barunya sebagai orangtua yg mengasuh sendiri dirumah : 

1. Ketika dedek bayi tidur maka ikut tidurlah sehingga kita bisa memanfaatkan waktu istirahat. 

2. Ketika dedek bayi terbangun maka buatlah nyaman , lihat ke atas..nah, ketika dedek bayi sudah merasa nyaman..kita bisa melakukan pekerjaan lainnya sembari tetap mengawasi dedek bayi hehe dengan tetap mengikuti perkembangan tumbuh kembangnya (misal di fase tengkurap ya di tengkurapkan sambil di depannya diberikan mainan berwarna cerah).

3. Ketika sudah melakukan pekerjaan maka berilah kebersamaan bermain dengan anak..yaaa benar2 berkomunikasi dengan bayimu, tatap matanya dan ajaklah bermain sesuai tahapan usia perkembangannya.

4. Libatkan Ayah dalam pengasuhan. Penting banget nih..keterlibatan Ayah meskipun hanya sepele kelihatannya tapi dampaknya luar biasa loh seperti Ayah ikut berperan mengganti pakaian, memandikan bayi, mengajak bermain.. kalau Ayah sering juga terlibat nih bahkan selalu ngajakin dedek solawatan terutama sehabis magrib.. malah sekarang peka banget dengan suara Ayahnya.. Semoga bermanfaat.. Pengasuhan diambil baiknya dan cocoknya saja hehe

Oya jangan lupa Ayah bunda selalu sedia termometer dan pereda demam di rumah untuk bayi.. ♡

Komentar