FEATURED POST

Bab III metode penelitian dalam Skripsi

 



Bab III metode penelitian dalam Skripsi


Halo sahabat psikologi kampus,

Pembahasan kali ini kita akan belajar tentang Bab 3 Metode Penelitian Skripsi


πŸ“ Apa saja yang harus ditulis dalam Bab 3 metode penelitian sih? 


Pada bab 3 Metode Penelitian biasanya berisi penjelasan secara detail tentang rancangan penelitian yang digunakan, metode pengumpulan data, teknik analisis data, serta validitas dan reliabilitas data.  


Beberapa poin penting yang perlu ditulis dalam Bab 3 Metode Penelitian:


1. Rancangan Penelitian: di sini, penulis harus menjelaskan secara detail tentang jenis penelitian yang dilakukan (misalnya, deskriptif, eksperimental, kualitatif, kuantitatif), populasi dan sampel yang digunakan, teknik pengambilan sampel, dan juga variabel yang diteliti.


πŸ“ Pada rancangan penelitian hal apa saja yang harus dijelaskan oleh peneliti skripsi? Dalam rancangan penelitian, peneliti skripsi harus menjelaskan beberapa hal doong 😁


a. Jenis penelitian: Peneliti harus menjelaskan jenis penelitian yang akan dilakukan, misalnya penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, atau penelitian mix method


b.  Tujuan penelitian: Peneliti harus menjelaskan tujuan dari penelitian yang dilakukan, misalnya apakah tujuannya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi suatu fenomena, untuk membandingkan pengaruh suatu variabel terhadap variabel lainnya, atau untuk mengeksplorasi suatu masalah.


c. Populasi dan sampel: Peneliti harus menjelaskan populasi yang menjadi subjek penelitian dan bagaimana cara peneliti memilih sampel dari populasi tersebut.


d. Variabel: Peneliti harus menjelaskan variabel yang akan diteliti


e.  Teknik pengumpulan data: misalnya pakai wawancara, kuesioner atau observasi


f. Teknik analisis data: Peneliti pakai analisis statistik atau analisis deskripsi


g.  Instrumen penelitian: Peneliti harus menjelaskan instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data, istilahnya guide wawancara atau guide observasi kuesioner supaya data nggak jenuh. 


h.  Validitas dan reliabilitas: instrumen penelitian yang digunakan valid dan reliabel.


i.  Etika penelitian: Peneliti harus menjelaskan etika penelitian yang akan diikuti, misalnya tentang privasi subjek penelitian (izin penelitian penting diperhatikan supaya tidak terjadi miss komunikasi misal ada kesenjangan izin penelitian antara karyawan yang memberikan informasi dengan perusahaan dalam memberikan data penelitian misal seperti itu, kasus di lapangan banyak kendala tersebut).


j.  Waktu & biaya penelitian: perkiraan waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk menyelesaikan penelitian (fotokopi,  kebutuhan eksperimen misalnya, biaya jilid skripsi dll). 


Semua hal tersebut harus dijelaskan secara jelas dan terperinci dalam rancangan penelitian sebagai panduan bagi peneliti dalam melakukan penelitian skripsi. 


2. Metode Pengumpulan Data: penulis harus menjelaskan teknik pengumpulan data yang digunakan, misalnya kuesioner, wawancara, observasi, atau studi dokumentasi. Penulis juga harus menjelaskan bagaimana instrumen penelitian dikembangkan dan diuji.


3. Teknik Analisis Data: di sini, penulis harus menjelaskan bagaimana data yang diperoleh akan dianalisis. Misalnya, jika penulis menggunakan analisis statistik, maka penulis harus menjelaskan jenis analisis statistik yang digunakan, seperti uji t, ANOVA, regresi linier dan sebagainya. 


4. Validitas dan Reliabilitas Data: penulis harus menjelaskan bagaimana peneliti memastikan bahwa data yang diperoleh adalah valid dan reliabel. Validitas mengacu pada sejauh mana instrumen penelitian dapat mengukur variabel yang dimaksud secara akurat, sedangkan reliabilitas mengacu pada sejauh mana instrumen penelitian konsisten dalam mengukur variabel yang dimaksud.


5. Proses Analisis Data: bagaimana data dianalisis dan disajikan, sehingga dapat diketahui hasil penelitian dengan jelas dan mudah dipahami.



πŸ“ Apa maksud dari proses analisis data pada penelitian skripsi ?


Proses analisis data pada penelitian skripsi adalah proses yang sangat penting dalam penelitian skripsi. Tujuan utama dari analisis data adalah untuk memproses dan menganalisis data yang telah dikumpulkan dari responden dengan menggunakan berbagai teknik dan metode analisis yang sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan dan tujuan penelitian.


Analisis data pada penelitian skripsi bertujuan untuk menguji hipotesis, menjawab pertanyaan penelitian, dan menarik kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Dalam proses analisis data, peneliti harus melakukan beberapa tahapan, antara lain:


Menyusun dan mempersiapkan data yang telah dikumpulkan, baik itu data kuantitatif maupun data kualitatif.


Melakukan pemeriksaan dan validasi data untuk memastikan bahwa data yang dianalisis benar-benar valid, akurat, dan terpercaya.


Menggunakan teknik dan metode analisis yang sesuai dengan jenis data yang dikumpulkan dan tujuan penelitian. 


Contoh teknik analisis untuk data kualitatif antara lain:


a.  teknik analisis yang digunakan untuk mengidentifikasi isi dalam data teks.

b.  cara menganalisis konteks sosial yang digunakan dalam data teks.

c.  menganalisis data kualitatif seperti wawancara, observasi, atau dokumen.


Contoh teknik analisis untuk data kuantitatif antara lain:


a.  menguji hubungan antara dua atau lebih variabel kuantitatif.

b.  membandingkan rata-rata dari dua atau lebih kelompok data.

c.  teknik analisis statistik yang digunakan untuk mendeskripsikan data kuantitatif, seperti rata-rata, standar deviasi seperti itu.


Melakukan interpretasi hasil analisis untuk menarik kesimpulan dan menjawab pertanyaan penelitian. Dalam tahap ini, peneliti harus mampu menerjemahkan hasil analisis ke dalam bahasa yang mudah dipahami dan menghubungkannya dengan tujuan penelitian dan temuan-temuan sebelumnya.


Proses analisis data yang baik dan benar akan memungkinkan peneliti untuk menghasilkan hasil penelitian yang berkualitas dan dapat diandalkan. Oleh karena itu, proses analisis data harus dilakukan dengan hati-hati dan sesuai tujuan penelitian.


Nah,  apakah sudah ada gambaran tentang Bab 3 dalam skripsi ?


Semoga sahabat psikologi kampus lebih mudah memahaminya yaaaa.. 


Kita akan bahas satu lagi niiih


πŸ“ Sumber referensi nya dari mana saja untuk pembahasan skripsi di bab 3 metode penelitian baik kualitatif maupun kuantitatif 


Sumber referensi yang dapat digunakan dalam pembahasan skripsi di bab 3 metode penelitian dapat berasal dari berbagai sumber, antara lain:


Buku-buku tentang metodologi penelitian, baik yang umum maupun yang khusus membahas tentang metode penelitian tertentu.


Jurnal ilmiah terkait dengan topik penelitian, baik jurnal yang berkaitan dengan metode penelitian kualitatif maupun kuantitatif.


Skripsi atau tesis yang telah dilakukan sebelumnya dengan topik yang serupa.


Artikel, laporan, atau dokumen lainnya yang terkait dengan topik penelitian, seperti dokumen kebijakan, data statistik, atau hasil riset lainnya.


Internet sebagai sumber informasi.


Dalam menggunakan sumber referensi, penting untuk memilih sumber-sumber yang kredibel dan terpercaya. Selain itu, peneliti juga harus mencantumkan semua sumber referensi yang digunakan dalam bab 3 metode penelitian dan memberikan kutipan secara benar sesuai kaidah penulisan yang telah ditetapkan.


Oooo iyaaa nih ada bocoran dikit dimana kajian tentang Bab 3 metode penelitian bisa Anda baca gaeees


Sumber referensi yang digunakan dalam Bab 3 Metode Penelitian biasanya adalah jurnal ilmiah, buku metode penelitian, atau panduan penelitian yang relevan. Beberapa sumber referensi yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:


Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.


Fraenkel, J. R., & Wallen, N. E. (2009). How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill Higher Education.


Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2012). Educational research: Competencies for analysis and applications. Pearson.


Sarantakos, S. (2013). Social research. Palgrave Macmillan.


Semoga bermanfaat yaaa πŸ™πŸ€—

Jangan lupa share,  oya jika Anda ingin mencari hal hal seputar skripsi silakan mampir ke blog kami yaaa.. 

Bakal banyak pembahasan seru lainnya yang akan ditemukan.. 


Sampai jumpa kembali 🌺

Komentar