FEATURED POST

Biaya Skripsi Idealnya Berapa Sih?

 



Biaya Skripsi Idealnya Berapa Sih? 


Idealnya berapa biaya skripsi termasuk biaya tak terduga,  fotokopi,  jilid, bayar trainer,  responden dan lain lain hehe hal ini nih berkaitan juga dengan penelitian yang Anda lakukan apakah kualitatif,  kuantitatif atau eksperimen.. Tentunya masing masing punya budget masing masing ya sesuai kebutuhan


Yuk intip intip berapa sih idealnya biaya skripsi sehingga kita bisa siapin kebutuhan dalam mengerjakan skripsi 😁


Biaya skripsi bisa sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti wilayah, perguruan tinggi, dan jenis riset yang dilakukan. Namun, sebagai acuan umum, berikut adalah beberapa biaya yang mungkin harus dipertimbangkan:


1. Biaya fotokopi dan cetak: Biaya ini dapat bervariasi tergantung pada jumlah halaman yang perlu dicetak dan difotokopi, serta biaya per halaman yang dikenakan di daerah Anda. Sebagai acuan, biaya ini bisa berkisar antara Rp 500 - Rp 1000 per halaman, tergantung pada kualitas dan ukuran kertas yang digunakan.. hmmm juga tergantung print warna atau print copy.. Full colour atau enggak itu juga mempengaruhi biaya fotokopi dan biaya cetak apalagi yang harus disampaikan ke Bapak Ibu Dosen dan masih dalam tahapan dicoret coret skripsi hehe.. Bisalah menjadi bahan pertimbangan penentuan biaya ini. 


2. Biaya jilid: Biaya jilid bisa bervariasi tergantung pada jenis jilid yang dipilih, seperti hardcover atau softcover, serta pada daerah Anda tentunya.. 

Sebagai acuan, biaya jilid biasanya berkisar antara Rp 15.000 - Rp 50.000 per eksemplar.


3. Biaya pembayaran responden: Jika penelitian Anda melibatkan responden yang harus dibayar, maka biaya ini harus dipertimbangkan dalam anggaran Anda. Mengapa ada biaya responden ? Ada dong,  contohnya aja penelitian eksperimen yang pasti membutuhkan pembiayaan untuk menghadirkan responden penelitian termasuk biaya konsumsi,  transportasi seperti itu.  Biaya ini tergantung pada jumlah responden yang dibutuhkan dan besar upah yang Anda tawarkan kepada mereka sebagai responden setelah Anda dan responden saling menyetujui melakukan penelitian.


4. Biaya trainer: Jika Anda memerlukan bimbingan dari seorang trainer untuk membantu Anda menyelesaikan skripsi Anda, biaya ini harus dipertimbangkan dalam anggaran Anda. Biaya ini tergantung pada kualifikasi trainer yang Anda pilih dan jumlah sesi bimbingan yang Anda butuhkan. Contoh : penelitian Anda merupakan penelitian eksperimen dan membutuhkan trainer seorang psikolog untuk penelitian mengubah perilaku tertentu melalui proses pelaksanaan terapi atau pelatihan. 


5. Biaya tak terduga: Selalu ada kemungkinan biaya tak terduga yang muncul saat menyelesaikan skripsi, seperti biaya perbaikan komputer atau laptop yang bisa saja terjadi ketika Anda dalam proses pengerjaan skripsi seperti tiba tiba Layar LCD mati,  keyboard laptop atau komputer tak dapat digunakan selain itu biaya perbaikan printer, atau biaya penggantian buku referensi. Sebaiknya Anda memperkirakan biaya ini dengan memperhatikan kemungkinan hal-hal tak terduga yang muncul dan menambahkan beberapa persen dari anggaran Anda sebagai cadangan.


Dalam keseluruhan, jumlah biaya skripsi bisa berkisar antara beberapa juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan di atas. Sebaiknya Anda memperkirakan biaya skripsi dengan cermat dan mempertimbangkan semua faktor yang mungkin memengaruhi biaya Anda.


Penting untuk dipertimbangkan

Idealnya biaya skripsi tergantung dari wilayah mana Anda melakukan penelitian, faktor biaya tak terduga, biaya cetak, biaya jilid, dan lain sebagainya. 

Seideal idealnya biaya skripsi akan lebih ringan apabila Anda benar benar mempersiapkan penelitian Anda dan melakukannya dengan sepenuh hati jika memang tidak diharuskan memakan biaya cetak maka bisa dialihkan dengan mengirimkan via email,  via telegram atau via whatsApp sehingga meminimalkan anggaran. Yang terpenting turunkan sedikit idealnya hasil penelitian dan print out penelitian Anda supaya lebih meringankan biaya skripsi Anda 

Semoga bermanfaat yaaaa


Komentar