FEATURED POST

MENCEGAH PLAGIARISME SKRIPSI/ TESIS !!



Home : Artikel update di Psikologi Kampus


MENCEGAH PLAGIARISME SKRIPSI/ TESIS !!

Haiii sahabat psikologi kampus.. 

Pasti kalian sangat menantikan tips tips terkini tentang pembuatan sampai pada pengecekan skripsi dan tesis..

Selamat yaa mimin ucapkan pada teman teman yang berhasil sampai pada tahapan mengerjakan skripsi maupun tesis bagaimanapun itu kemajuan kalian.. 

Oya nih masih suasana menyambut tahun baru ini dan bagi teman teman yang habis ngerjakan ujian akhir semester selamat juga yaaa.. 

Teeeng teeeng..  Sekarang kita akan fokus lagi kepada pembahasan topik kali ini pada postingan yang akan kami bagikan untuk kalian wahai para pejuang hoho.. 

 

Baca juga : Full Skripsi Hanya 6 Bulan !  


Pernahkah kalian tahu tentang Turnitin? 

Beberapa mahasiswa tingkat akhir merisaukan hal ini ketika menghadapi detik detik terakhir menjelang kemerdekaan menyelesaikan skripsi.. Loooh kok bisa? 

Emangnya apa sih itu turnitin? 

Nah perlu kalian tau nih mahasiswa skripsian atau lagi ngerjakan tesis yang lagi hits itu : CARA PENCEGAHAN PLAGIARISME YAITU PENGECEKAN TURNITIN yang dilakukan oleh masing masing Universitas guna mengetahui keaslian suatu karya mahasiswa tingkat akhir baik itu skripsi,  tesis bahkan disertasi..

Berdasarkan hasil wawancara terhadap mahasiswa skripsian nih.. rata rata para mahasiswa skripsian atau yang lagi tesis mengganti " i " kecil dengan huruf " l " (L), kemudian menambahkan . (titik) atau tanda baca tanda baca yang terkadang tidak perlu ditambahkan namun karena takut plagiasi besar maka berbagai cara unik pun dilakukan oleh para mahasiswa hehe hayo ngakuu.. Sapa yang pernah ngelakuin atau lagi dilakuin ?? 

Terus gimana dong cara mencegah plagiarisme.. Aaaduuuuh deg degan nih.. Hihi.. 


Baca juga bagi peneliti kuantitatif, wajib tahu hal ini : klik di sini 


Yuk perhatikan tips berikut :

1.      Perhatikan !! mengutip asalnya darimana?? Jangan asal kutip yaah hehe apalagi sumber copas dari artikel di internet dan nggak tahu asal muasal nya hadeeehh.. Bisa gawaaat nih..Yang pasti menulis kutipan yang nggak asal asalan adalah kalian harus punya sumber rujukan atau referensi aslinya : contoh buku,  jurnal,  e-book,  e-jurnal,  buku ber-ISBN.. Nah,  kalian bisa bawa karya asli nya ketika kalian bimbingan atau saat sidang skripsi maupun tesis berlangsung.. Tanpa terduga beberapa dosen penguji bisa saja meminta kalian untuk membuka halaman pada buku atau jurnal yang telah kalian kutip (kalau dapat Dosen penguji yang benar benar teliti).       

# PERHATIKAN !!

Untuk buku kalian harus tuliskan nama penulis,  tahun diterbitkan,  judul buku, tempat terbit dan penerbit. Sedangkan untuk jurnal atau e-jurnal kalian harus tuliskan nama penulisnya,  tahun terbit,  judul karya, jurnal yang menerbitkan, volume, nomer dan halaman.. Kemudian  tulislah ke dalam daftar pustaka..

Bagaimana contoh menulisnya :

 

- Untuk Buku atau e-book : “ Fatimatuzzahro, A. (2020). Psikologi Kampus.  Jakarta : Erlangga “

- Untuk Jurnal atau e-jurnal : “Fatimatuzzahro, A.  (2021). Psikologi Kampus. Jurnal Psipus Psikologi. Vol 2, No 1, Hal 223-228”

Oyaaa teman teman kalian bisa menyesuaikan apakah menggunakan food note atau body not.

 

Baca juga : Kerangka Latar Belakang Masalah pada BAB 1



2.      Parafrase !!  Apa tuuu parafrase?  Parafrase yaitu pake kata kata sendiri.. Jadi,  begini.. Ketika terdapat pernyataan dari suatu teori maka pahami dulu maknanya.. Jangan terlalu terburu buru untuk copy dan paste secara total tapi pahami dulu apa yang ingin kau tuliskan dalam karyamu itu..

Misal sumber asli mengatakan :

Menurut Al Karim (2021) psikologi kampus mewadahi mahasiswa yang mengerjakan skripsi maupun tesis.. 

Kemudian di parafrase oleh kalian :

Menurut Al Karim (2021) mengatakan bahwa psikologi kampus berisi konten menarik tentang sukses menyelesaikan skripsi dan tesis..

Begitu teman teman..



3.  Menggunakan sumber pertama untuk referensi penelitian minimal terbit lima sampai tujuh tahun terakhir. Hal ini untuk pembaharuan penelitian peneliti. 


  Teman teman ingin cek apakah karya teman teman masuk kategori plagiasi tinggi atau rendah.. Cek karya kalian di sini hingga 10.000 kata, bisa juga dalam bentuk file maupun URL dan bukan JOKI !! 

Mari kita tes : Menurut Al Karim (2021) mengatakan bahwa psikologi kampus berisi konten menarik tentang sukses menyelesaikan skripsi dan tesis..

Dan ini contoh hasilnya :




 

Yuk cobain ini :

Cek gratis karyamu !! Klik di sini 


Baca juga : Cara Buat Judul Skripsi/ Tesis


Share ke teman temanmu dan pasti dibutuhkan banget.. Share ke grup wa atau grup angkatan atau media sosial lainnya.. 

So pasti bermanfaat banget.. 


Tunggu episode menarik lainnya yaa

Terimakasih

Salam semangat.. 

Tetap semangat.. 

Mendukung generasi skripsi dan tesis secara mandiri..  Uhuuuy

Follow instagram kami : klik di sini

Gabung di facebook kami : klik di sini




Komentar