FEATURED POST

GERAK DAN LAGU “RINDU MUHAMMADKU” MENINGKATKAN KECERDASAN IESQ, MENGOPTIMALKAN KESEHATAN DAN DENYUT JANTUNG ANAK DENGAN PENGUKURAN OMERON

 


ARTIKEL TUGAS PRAKTIKUM

PSIKOLOGI FAAL

Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas praktikum mata kuliah psikologi faal

Dosen Pembimbing     : Nuristighfari Khaerani,S.Psi., M.Psi, Psi

          Asisten Praktikum         : Nur Ummi Fatayati

 


Disusun oleh   :

1.                  Adinar Fatimatuzzahro           (12710024)

2.                  Nur Mutiara Hikmah               (12710029)

    

 

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA

YOGYAKARTA

TAHUN 2013

 

 

GERAK DAN LAGU “RINDU MUHAMMADKU” MENINGKATKAN KECERDASAN IESQ, MENGOPTIMALKAN KESEHATAN DAN DENYUT JANTUNG ANAK DENGAN PENGUKURAN OMERON

 

            Dalam meningkatkan kecerdasan pada anak seringkali orang tua, institusi pendidikan khususnya di Indonesia menjadi tidak efektif, karena dalam meningkatkan kecerdasan tersebut mereka hanya mementingkan kecerdasan dari sisi kognitif sedangkan sisi emosinya tidak, oleh karena itu anak dapat menjadi stres dan akhirnya tertekan dalam proses pembelajarannya.

            Akan lebih baik bila anak-anak juga bisa cerdas dari sisi emosinya bukan hanya dari sisi kognitifnya saja, dengan menyeimbangkan antara kecerdasan kognitif dan kecerdasan emosinya mereka akan menjadi yang kreatif dan bahagia.

Rindu Muhammadku adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh Hadad Alwi dan Vita serta anak – anak. Lirik lagu Rindu Muhammadku berisi tentang perintah Rasulullah SAW kepada umatnya untuk saling mengasihi, yang ditanamkan dalam hati dan diamalkan sejak dini. Lagu Rindu Muhammadku dalam meningkatkan kecerdasan ESQ pada anak sangat besar. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari lirik lagu tersebut untuk meningkatkan kecerdasan ESQ pada anak.

            Kecerdasan ESQ merupakan faktor penting dalam pendidikan untuk menciptakan anak cerdas, kreatif dan stabil dalam emosinya. Lagu – lagu rohani yang bernuansa anak – anak dapat meningkatkan motivasi belajar anak sehingga anak lebih maksimal dan seimbang antara kecerdasan kognitif serta kecerdasan emosi. Dalam lagu ini terdapat alunan lagu sholawat yang banyak sekali manfaatnya. Lirik lagu ini sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari, khususnya dalam meningkatkan kecerdasan IESQ yaitu perpaduan antara kecerdasan kognitif dengan kecerdasan emosi.

Proses peningkatan kecerdasan IESQ dengan memperdengarkan lagu tersebut dengan periode waktu dua kali dalam seminggu sebelum pukul enam pagi, hal ini dikarenakan pada pukul enam pagi merupakan saat gravitasi bumi mengalami perubahan gaya yang dapat mengubah gelombang elektromagnetik bumi, gelombang ini dapat mempengaruhi kerja internal otak. Saat lagu diperdengarkan, lagu tersebut merangasang otak untuk menghasilkan dopamin, yaitu zat yang dapat membuat otak merasa damai.

Disarankan memperdengarkan lagu tersebut pada hari Sabtu dan Minggu, karena pada hari-hari tersebut anak-anak dalam kondisi yang santai. Tetapi bila diperdengarkan terus dapat mengakibatkan kebosanan yang menjadikan metode ini tidak efektif lagi. Lagu ini sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan IESQ, di dalam lirik lagunya banyak mengandung pesan moral dan spiritual bagi anak-anak. Dengan lagu ini, anak menjadi terinspirasi dan memiliki kreativitas.

Lagu ini mendorong anak-anak untuk lebih bersemangat dan bergerak, anak-anak sangat tertarik dan menyenangi lagu ini, apabila anak-anak mendengarkan lagu ini, anak-anak akan meresponnya dengan cepat sambil menirukan lirik mereka akan menggerakkan tubuh mereka. Mereka menjadi riang dan senang sehingga mengaktifkan gen-gen yang bermanfaat dalam tubuh mereka. Dengan gerakan tubuh mengikuti iringan lagu “ Rindu Muhammadku” anak-anak terbawa oleh suasana islami yang begitu luar biasa menghipnotis mereka sehingga organ-organ pentuing dalam tubuh mereka, terutama jantung akan berdenyut lebih teratur karena gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan oleh anak-anak akan mendorong jantung untuk berdenyut lebih baik dan keteraturan denyut jantungnya akan menjadi lebih normal daripada anak yang tidak melakukan gerak dan lagu. Dengan demikian berarti anak-anak melakukan gerakan olahraga yang secara otomatis akan menyehatkan jantung anak. Jadi, gerak dan lagu “ Rindu Muhammadku” dapat meningkatkan kecerdasan IESQ karena anak belajar dan mendengarkan musik dapat meningkatkan kecerdasan baik secara kognitif maupun emosi.

Secara kognitif anak diajari untuk berakhlak terpuji (berbuat baik) dan secara emosi, anak mendapatkan ketenangan, kesenangan dan gembira saat mendengarkan lagu tersebut sehingga membuat kecerdasan anak baik secara kognitif maupun emosi seimbang. Hal ini mempengaruhi kinerja denyut jantung anak. Gerak dan lagu yang dilakukan anak saat mendengarkan lagu ini membuat denyut jantungnya lebih teratur. Olahraga jantung yang diaplikasikan dengan gerak dan lagu ini dapat diukur dengan sebuah alat tes psikologi yang bernama omeron.

Omeron adalah sebuah alat tes psikologi faal yang dipergunakan untuk mengukur denyut jantung seseorang. Anak – anak yang masih senang dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukannya, khususnya gerak dan lagu sangat baik untuk diterapkan penggunaan alat tes Omeron. Alat tes pengukuran jantung ini hasilnya akan lebih optimal setelah anak melakukan gerakan dari iringan lagu “Rindu Muhammadku”.

Komentar