- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
FEATURED POST
GERAK DAN LAGU “RINDU MUHAMMADKU” MENINGKATKAN KECERDASAN IESQ, MENGOPTIMALKAN KESEHATAN DAN DENYUT JANTUNG ANAK DENGAN PENGUKURAN OMERON
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
ARTIKEL TUGAS PRAKTIKUM
PSIKOLOGI FAAL
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas praktikum mata kuliah
psikologi faal
Dosen Pembimbing :
Nuristighfari Khaerani,S.Psi., M.Psi, Psi
Asisten Praktikum : Nur Ummi Fatayati
Disusun oleh :
1.
Adinar Fatimatuzzahro (12710024)
2.
Nur Mutiara Hikmah (12710029)
PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
TAHUN 2013
GERAK DAN LAGU “RINDU MUHAMMADKU” MENINGKATKAN KECERDASAN IESQ, MENGOPTIMALKAN KESEHATAN DAN DENYUT
JANTUNG ANAK DENGAN PENGUKURAN OMERON
Dalam meningkatkan kecerdasan pada anak
seringkali orang tua, institusi pendidikan khususnya di Indonesia menjadi tidak
efektif, karena dalam meningkatkan kecerdasan tersebut mereka hanya
mementingkan kecerdasan dari sisi kognitif sedangkan sisi emosinya tidak, oleh
karena itu anak dapat menjadi stres dan akhirnya tertekan dalam proses
pembelajarannya.
Akan
lebih baik bila anak-anak juga bisa cerdas dari sisi emosinya bukan hanya dari
sisi kognitifnya saja, dengan menyeimbangkan antara kecerdasan kognitif dan
kecerdasan emosinya mereka akan menjadi yang kreatif dan bahagia.
Rindu Muhammadku adalah sebuah lagu yang dibawakan oleh Hadad Alwi
dan Vita serta anak – anak. Lirik lagu Rindu Muhammadku berisi tentang perintah
Rasulullah SAW kepada umatnya untuk saling mengasihi, yang ditanamkan dalam
hati dan diamalkan sejak dini. Lagu Rindu
Muhammadku dalam meningkatkan kecerdasan ESQ pada anak sangat besar. Banyak
manfaat yang dapat diperoleh dari lirik lagu tersebut untuk meningkatkan
kecerdasan ESQ pada anak.
Kecerdasan ESQ
merupakan faktor penting dalam pendidikan untuk menciptakan anak cerdas,
kreatif dan stabil dalam emosinya. Lagu – lagu rohani yang bernuansa anak – anak dapat
meningkatkan motivasi belajar anak sehingga anak lebih maksimal dan seimbang
antara kecerdasan kognitif serta kecerdasan emosi. Dalam lagu ini terdapat
alunan lagu sholawat yang banyak sekali manfaatnya. Lirik lagu ini sangat
bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari, khususnya dalam meningkatkan
kecerdasan IESQ yaitu perpaduan antara kecerdasan kognitif dengan kecerdasan
emosi.
Proses peningkatan kecerdasan IESQ dengan
memperdengarkan lagu tersebut dengan periode waktu dua kali dalam seminggu sebelum
pukul enam pagi, hal ini dikarenakan pada pukul enam pagi merupakan saat
gravitasi bumi mengalami perubahan gaya yang dapat mengubah gelombang
elektromagnetik bumi, gelombang ini dapat mempengaruhi kerja internal otak.
Saat lagu diperdengarkan, lagu tersebut merangasang otak untuk menghasilkan
dopamin, yaitu zat yang dapat membuat otak merasa damai.
Disarankan memperdengarkan lagu tersebut pada
hari Sabtu dan Minggu, karena pada hari-hari tersebut anak-anak dalam kondisi
yang santai. Tetapi bila diperdengarkan terus dapat mengakibatkan kebosanan
yang menjadikan metode ini tidak efektif lagi. Lagu ini sangat bagus untuk
meningkatkan kecerdasan IESQ, di dalam lirik lagunya banyak mengandung pesan
moral dan spiritual bagi anak-anak. Dengan lagu ini, anak menjadi terinspirasi
dan memiliki kreativitas.
Lagu ini mendorong anak-anak untuk lebih bersemangat
dan bergerak, anak-anak sangat tertarik dan menyenangi lagu ini, apabila anak-anak
mendengarkan lagu ini, anak-anak akan meresponnya dengan cepat sambil menirukan
lirik mereka akan menggerakkan tubuh mereka. Mereka menjadi riang dan senang
sehingga mengaktifkan gen-gen yang bermanfaat dalam tubuh mereka. Dengan
gerakan tubuh mengikuti iringan lagu “ Rindu Muhammadku” anak-anak terbawa oleh
suasana islami yang begitu luar biasa menghipnotis mereka sehingga organ-organ
pentuing dalam tubuh mereka, terutama jantung akan berdenyut lebih teratur
karena gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan oleh anak-anak akan mendorong
jantung untuk berdenyut lebih baik dan keteraturan denyut jantungnya akan
menjadi lebih normal daripada anak yang tidak melakukan gerak dan lagu. Dengan
demikian berarti anak-anak melakukan gerakan olahraga yang secara otomatis akan
menyehatkan jantung anak. Jadi, gerak dan lagu “ Rindu Muhammadku” dapat
meningkatkan kecerdasan IESQ karena anak belajar dan mendengarkan musik dapat
meningkatkan kecerdasan baik secara kognitif maupun emosi.
Secara kognitif anak diajari untuk berakhlak
terpuji (berbuat baik) dan secara emosi, anak mendapatkan ketenangan,
kesenangan dan gembira saat mendengarkan lagu tersebut sehingga membuat
kecerdasan anak baik secara kognitif maupun emosi seimbang. Hal ini
mempengaruhi kinerja denyut jantung anak. Gerak dan lagu yang dilakukan anak
saat mendengarkan lagu ini membuat denyut jantungnya lebih teratur. Olahraga
jantung yang diaplikasikan dengan gerak dan lagu ini dapat diukur dengan sebuah
alat tes psikologi yang bernama omeron.
Omeron adalah sebuah alat tes psikologi faal
yang dipergunakan untuk mengukur denyut jantung seseorang. Anak – anak yang
masih senang dengan kegiatan – kegiatan yang dilakukannya, khususnya gerak dan
lagu sangat baik untuk diterapkan penggunaan alat tes Omeron. Alat tes
pengukuran jantung ini hasilnya akan lebih optimal setelah anak melakukan gerakan
dari iringan lagu “Rindu Muhammadku”.
CONTOH TUGAS MATA KULIAH
CONTOH UJIAN AKHIR SEMESTER
PSIKOLOGI FAAL
PSIKOLOGI PENDIDIKAN
PSIKOLOGI UPDATE
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar