FEATURED POST

(BIAR NGGAK) Ganti Judul Skripsi








BIAR NGGAK GANTI JUDUL

SKRIPSI ATAU TESIS..

APA Yaaa yang harus dilakukan ?? 


Waaah asik nih.. sebentar lagi skripsi atau tesis aku mau diajukan sidang nih.. wah senangnya.. meskipun baru mau sempro (seminar proposal) aja aku udah seneng banget.. yang udah mau sidang akhir.. wah selamat yaaaa.. akhirnyaaa detik detik membahagiakan..


Okey.. 

Eiiitsss, ada yang nggak boleh dilupakan bahwa ketika sidang proposal atau sidang akhir ada kemungkinan ganti judul looh ? 

Wah kok bisa? 

Bisa aja..

Yuk, simak hal hal apa saja yang harus kamu waspadai.. yang harus kamu siapkan untuk mengantisipasi supaya NGGAK GANTI JUDUL !! Ngapain repot amat yaak disiapin segala.. yaa kita juga nggak ada yang tahu kan ke depannya gimana.. tapi kalian tetep wajib mengantisipasi dan setidaknya harus tahulah hal hal BIAR NGGAK GANTI JUDUL..kan rempooong juga kalau harus ngulang dari awal... 

Duh.. nggak usah lama lama..

Yuk : 

1. Persiapkan diri secara fisik & mental : 

Nah, mengapa begitu? Tau kan yaaa kebutuhan dasar manusia dalam hierarki kebutuhan itu yang mendasar apa? Hehe makan.. yaak, pastikan sebelum sidang proposal atau sidang akhir, kamu wajib sudah makan.. kenapa? Karena penting banget nih kamu bisa konsentrasi sama bakal pertanyaan dosen penguji tentang apa yang ditanyakan.. yang selanjutnya, pastilah noner satu adalah Doa.. Doa secara tidak langsung akan mensugesti dirimu untuk semakin yakin menghadapi rintangan dan tantangan dalam sidang proposal atau sidang akhir..

2. Persiapkan power point maksimal 7-10 slide, mengapa hanya sedikit.. karena kalian hanya diberikan waktu 10-15 menit saja untuk presentasi..selebihnya adalah kemampuan kalian dalam menjawab dan mempertahankan penelitianmu secara ilmiah.. power point buatlah seringkas mungkin tanpa banyak kata, bisa juga kalian hanya menampilkan gambar yang mewakili apa yang ingin kalian presentasikan nantinya dan siapkan buku/ jurnal rujukan asli grounded theory mu (sumber teori pertama yang digunakan sebagai variabel dalam skripsi/ tesismu) misal : Hubungan antara Empati dengan Perilaku Bullying di SMA X ,, nah kalian harus punya buku/ jurnal asli Empati maupun Bullying sebagai tameng kalian.. wuuuusss tameng kayak di medan pertempuran.. karena beberapa dosen penguji ada yang ingin mengetahui hal tersebut dari pertanyaan yang akan diajukan.. beberapa pertanyaan tak terduga bisa muncul..nah, untuk mengantisipasi itu, kalian bisa bawa deh rujukan bacaannya..

3. Cari rujukan yang sama dengan apa yang kalian teliti dari penelitian peneliti sebelumnya.. jadi gini, kalian harus menemukan buku/ jurnal yang pernah membahas variabel variabel yang pernah akan kalian teliti.. Dan cantumkan dalam bab 1 kalian.. lalu sampaikan persamaan dan perbedaan antara penelitian kalian dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya..

4. Jika melakukan kuantitatif eksperimen maka yang kakian lakukan adalah mencari jurnal yang mengatakan besarnya pengaruh variabel tertentu yang paling besar terhadap pengaruhnya pada variabel tergantung.. Contoh : Pengaruh Empati terhadap Bullying.. nah, Empati dipilih sebagai variabel yang paling mempengaruhi bullying adalah yang paling besar pengaruhnya.. kan ada yang sejenis misal prososial, kecerdasan emosional dan lain sebagainya.. Nah, kalian memilih Empati harus menemukan penelitian yang mengatakan bahwa Empati lah yang sangat berpengaruh efektif terhadap Bullying daripada variabel bebas lainnya.. jadi, kalian harus tahu seberapa efektifnya dibuktikan dengan hasil penelitian peneliti sebelumnya..

5. Untuk kualitatif... nah, ini biasanya di sidang akhir.. harus mengetahui data jenuh dan harus memahami arah penelitian.. jika judul dan hasil akhir tidak sama maka bisa jadi mengulang sidang.. terus gimana dong, jadi harus dipastikan yang harus diteliti sama dengan hasil penelitian yaa.. karena kondisi di lapangan kadang tidak sesuai dengan kehendaj hati sang peneliti.. sehingga seringkali peneliti terbawa fakta di lapangan.. nah, ini yang harus diwaspadai.. jaga batasan jangan sampai keluar jalur.. dalami lagi teknik observasi dan wawancara mendalam supaya tetap fokus pada tujuan penelitian..

6. Siapkan variabel cadangan jika sewaktu waktu ganti judul.. sebenarnya kalau kalian bisa mempertahankan apabyang diteliti atau akan diteliti oleh kalian sebagai peneliti itu tidak akan merubah judul.. asalkan kalian sebagai peneliti meyakini apa yangbkalian teliti.. jika dosen penguji minta segera revisi..langsung aja revisi jangan takut.. kelamaan menunda skripsi peluang kamu bakalan ganti judul ngulang lagi eee sidang lagi.. kenapa? Yaaa karena deadline ke biro skripsi waktunya udah habis.. mau gimana lagi, yang penting langsung revisi langsung kumpulkan atau bertemu dengan Dosen penguji..

Nah, itulah gambaran buat teman teman seperjuangan..

Semoga tetap semangat..

Share yaa ke grup wa kelas atau angkatan.. biar sama sama saling bermanfaat..

Thank you..


Baca juga : Rancangan penelitian pada Penelitian KUALITATIF

Baca juga : 

Rahasia di Balik Durasi Waktu Sidang Skripsi/ Tesis !!


Baca juga : FAKTA Alat Ukur/ Kuisioner mudah DI ACC DOSEN


Baca juga : Cara Menentukan Variabel Prediktor Pada Penelitian Korelasional


Baca juga : Tips MENCEGAH PIKIRAN NEGATIF Saat Mengerjakan SKRIPSI


Tetap semangat wahai para pejuang skripsi dan tesis.. πŸ˜πŸ˜€


Baca juga : 

1. membuat latar belakang masalah skripsi


2. nyusun BAB 1, Gimana caranya 


3. mantap-kan BAB 2-mu ! 


4. Cara susun Bab 3


5. tips bab 4 dan bab 5 ACC


share boleh looh

Komentar