FEATURED POST

Cara Buat BAB 4 & 5 MENARIK


 TRIK BAB 4 DAN BAB 5 MENARIK UNTUK DI ACC ^^ 

Halo pejuang skripsi dan tesis.. masih semangat kan untuk segera menyelesaikan skripsi dan tesismu...

Baik, pagi ini kita akan bahas bersama bagaimana bab 4 dan bab 5 terlihat mantap dan menarik untuk di Acc oleh Bapak Ibu Dosen...

Baca juga : kreativitas menurut Carl Rogers


Berikut ini kamu bisa mengerjakan secara mandiri bab 4 dan bab 5 mu.. perjatikan hal hal berikut : 

1. Persiapkan bab 1, bab 2 dan bab 3 mu sebelumnya yang sudah di acc oleh Bapak ibu Dosen sebelumnya.. beberapa teori dalam bab 1, bab 2 dan bab 3 akan digunakan dalam penyusunan bab 4 dan bab 5.. untuk meletakkan yang mana tergantung bagaimana pembahasan dalam bab 4 dan bab 5 mu.. 

2. Lihat lagi ketentuan penulisan dari Universitasmu..masing masing universitas memiliki tata cara penulisan bab 4 dan bab 5 nya masing masing..

Baca juga : Buat Judul   dan  Biar Nggak Ganti Judul

3. Setelah melihat panduan dari Universitas masing masing..kalian dapat mulai menyusunnya.. berikut ini secara umum pembahasan pada bab 4 dan bab 5 >> bab 4 pembahasan biasanya diawali dari orientasi kancah : orientasi kancah membahas tentang lokasi penelitian kalian. Misalnya melakukan penelitian di sekolah X maka kalian dapat menuliskan bagaimana kondisi di sekolah X tersebut seperti berapa banyak siswanya, gurunya dll, apa saja fasilitas di sekolah tersebut, alamat sekolah tersebut, berapa subjek penelitanmu namun berapa yang bisa diteliti dll.

4. Selanjutnya di bab 4 : membahas persiapan penelitian, nah pada pembahasan ini adalah persiapan penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelum melakukan penelitian seperti : penyusunan alat ukur (di sini peneliti dapat memberikan penjelasan dalam menyusun alat ukurmu..misal : peneliti membuat sendiri alat ukurnya maka peneliti dapat menjelaskan bagaimana perjalanan menyusun alat ukur tersebut yaitu dengan melalui uji bahasa aitem kemudian melalui proses bimbingan dengan dosen pembimbing kemudian melalui try out atau uji coba alat ukur untuk mengetahui aitem yang bagus dan aitem yang gugur kemudian melakukan penelitian yang sebenarnya.. setelah itu peneliti menyampaikan penjelasan masing masing variabel dalam alat ukur yang dipergunakan dalam penelitian. Dalam hal ini yang disebut sebagai skala psikologi..nah, dari variabel tersebutlah yang akan menjadi alat ukurmu..misal skala empati, skala bullying dan lain sebagainya (caranya bagaimana ? Jadi, dalam hal ini Anda bisa menjelaskan aspek dari teori apa yang dipakai dalam menyusun alat ukurmu, jelaskan apakah Anda menggunakan favorable atau unfavorable kemudian sisipkan blueprint sebaran aitem yang akan digunakan untuk masing masing indikator dalam aspek..

Baca juga : proposal skripsi hanya satu semester

5. Mencantumkan perizinan penelitian.. peneliti dapat mencantumkan nomer izin penelitiab yang didapatkan dari pengajuan penelitian di daerah tempat Anda melakukan penelitian.. Misal dari lembaga Kesbangpol, Dinas pendidikan dll. Bisa juga nanti ada tembusan tembusan sampai ke daerah tempat Anda melakukan penelitian, fakultas Anda bahkan program studi jurisan Anda.. penelitian Anda akan menjadi sangat sakral dan WOW.. Perjuangan Anda dapat diacungi jempol.. membuat penelitian dan berizin sampai ke akar akarnya hehe alias mantap gaes...

6. Uji daya beda aitem, nah ini penting juga dicantumkan..jadi dari hasil penelitianmu atau olah data hasil uji coba mu disampaikan pada bagian ini.. Hasilnya Anda cantumkan pada tabel dan jelaskan aitem mana yang bertahan dan aitem mana yang telah gugur..oya, pesan untuk teman teman semua nih yaa.. BOLEH ADA AITEM YANG GUGUR NAMUN JANGAN SAMPAI AITEM PADA SEMUA INDIKATOR PADA ASPEK YANG SAMA GUGUR SEMUA.. OTOMATIS ANDA DIHARUSKAN UNTUK GANTI TEORI MESKIPUN DENGAN MENGGUNAKAN VARIABEL YANG SAMA..

Maksutnya begini : Misal di Empati memiliki dua aspek yaitu aspek kognitif dan aspek afektif..nah, di dalam aspek kognitif ada beberapa indikator dan di dalam indikator ada beberapa aitem.. aitem yang digubakan sebagai alat ukur Anda tidak boleh gugur semua yang mewakili salah satu aspek (aspek kognitif) tidak boleh gugur semua karena otomatis Anda akan diminta ganti teori meskipun variabel sama.. efeknya Anda harus cari teori lagi..menyusun alat ukur lagi dan uji coba alat ukur lagi..

baca juga : Full Skripsi hanya enam bulan saja ! (bukan joki)

7. Cantumkan hasil uji normalitas dan uji linieritasmu atau uji lainnya seperti uji multikolinieritas..

8. Masih bab 4 : masuk pembahasan di bab 4 >> awal pada pembahasan bab 4 ini dapat dijelaskan terlebih dahulu hasil penelitiannya, signifikansi hasil penelitiannya.. intinya bagaimana hasil olah data dan bagaimana hasil hipotesisnya..

9. Mulai masuklah dengan teori atau hasil penelitian sebelumnya apabila penelitianmiuhipotesisnya diterima atau ditolak.. atau sesuai dengan yang ada di lapangan (jika kualitatif).. sampaikan bagaimana hasil penelitian sebelumnya dan kesamaannya dengan hasil penelitianmu.. dan sampaikan perbedaannya..

10. Pada pembahasan ini disampaikan pula kenapa hasilnya bisa sesuai dengan hasil penelitian..masukkan skor skor atau nilai yang didapatkan dati hasil olah data atau spss.. kemudian masukkan teori pendukungnya.. faktor yang mempengatuhi kemudian masukkan pula dari hasil obserbasi dan wawancara bagaimana..masukkan lagi penelitian penelitian sebelumnya yang dapat mendukung hasil penelitianmu.. beberapa teori dalam bab 1, bab 2 atau bab 3 bisa juga dimasukkan apabila hasil sesuatu dengan hipotesis yang disampaikan di awal atau saat sidang proposal penelitian..

11.Pasti dalam melakukan penelitian menemui kesulitan kesulitan tertentu..misal hasil tidak signifikan, data yang kembali pada peneliti jumlahnya tidak sesuai di saat melakukan penelitian dan lain sebagainya..

Contoh penyampaian kelemahan penelitian >>>

     Penelitian ini memiliki beberapa kelemahan. Adapun kelemahan tersebut antara lain  :

a. Subjek penelitian dapat dikatakan belum mewakili populasi secara kesuluruhan, 

b. Kekeliruan dalam menentukan alternatif pilihan jawaban dalam skala penelitian

c. Kemungkinan adanya facking good dari subjek penelitian peneliti.

12. Kesimpulan dan saran disampaikan pada bab 5 : 

Kesimpulan berisi tentang ringkasan hasil penelitian dan hasilnya apakah sama dengan atau tidak sama dengan hipotesis penelitian. Jika tidak sama sampaikan secara ringkas.. jika penelitian kualitatif bagaimana hasil penelitian dilapangan, kesesuaian dengan arah penelitian bagaimana..jelaskan secara ringkas..

Selanjutnya untuk saran penelitian, peneliti bisa menyampaikan kebermanfaatn dan saran untuk penelitian yang diteliti oleh peneliti ke depannya.. saran bisa untuk lembaga penelitian, tempat penelitian, subjek penelitian, orangtua, sekolah, merintah dan lain sebagainya..

Sekian, semoga bermanfaat..

Tunggu informasi seputar pengerjaan skripsi dan tesis..kalau bisa dikerjakan secara mandiri kenapa tidak? 

Usahamu tidak akan menghianati hasil..

Jika kau kerjakan sendiri dengan keletihan dan kerja cerdasmu..pengalaman berharganya akan menjadikan dirimu menjadi cendekiawan ulung dan kompetensimu akan lebih baik dan jos lagi..

Share jika bermanfaat..




Komentar