FEATURED POST

PROPOSAL SKRIPSI HANYA SATU SEMESTER

 







Haloo sahabat psikologi kampus.. 


Baca juga : 

cek plagiarisme GRATIS


Baca juga : 

Inspirasi judul tentang Covid 19


Yes,  kali ini kita bahas lagi yuk cara buat proposal skripsi yang menarik di acc dosen dan hanya butuh waktu satu semester aja

mau tauu gimana caranya : 


Baca juga : 

Buat Judul Skripsi atau Tesis 


Baca juga bagi peneliti kuantitatif, wajib tahu hal ini : 

klik di sini 


Baca juga : 

Pengalaman penulis sampai akhirnya nemu Judul Skripsi



Siapkan kertas tulismu dan catat yuk poin pentingnya >>

1.    Pada saat akan menulis proposal skripsi perhatikan baik baik

"FORMAT PENULISAN SKRIPSI SESUAI PROGRAM STUDI ATAU UNIVERSITAS MASING MASING"..

Mengapa hal ini penting diperhatikan sebelum menulis proposal skripsi? 

Karena dikhawatirkan proposal skripsimu bisa diminta untuk revisi total karena nggak sesuai dengan format penulisan yang ditentukan.. Lalu,  gimana kalau saat pembuatan proposal skripsi..kamu belum tahu format penulisannya gimana?  Yang pertama,  kamu bisa tanya pada kakak angkatan atau lihat di perpustakaan di fakultasmu atau universitas ataaaauuuu..  Bisa juga nih ngikutin format penulisan standar skripsi..


Baca juga : 

Cara membuat latar belakang masalah skripsi

 * Cara menyusun BAB 1

*  Cara menyusun BAB 2

 

2.  Perhatikan penulisan proposal skripsimu.. Membuat proposal skripsi nggak perlu panjang dan berbelit belit..nggak perlu terlalu banyak hal yang dicantumkan..

INTINYA ADALAH FOKUS PADA PEMBAHASAN VARIABEL YANG DIGUNAKAN..

Hindari mengulang ulang kalimat atau pembahasan yang sama dalam proposal skripsi.. Misalnya nih : Pada bab satu kan sudah disampaikan beberapa definisi tentang variabel dalam penelitian.. Nah,  di bab dua pasti kan ingin dicantumkan lagi.. Jika ingin dicantumkan kembali pada bab dua.. Kalian bisa tambahkan beberapa teori dengan minimal dari empat tokoh yang mendefinisikan variabel penelitian dan disertai kesimpulan penulis mengenai variabel tersebut.. 


            Baca juga :

            * tips bab 4 dan bab 5 ACC

            * yang harus dilakukan setelah sidang, wajib baca ! 

                                 

 3.   GUNAKAN DASAR TEORI YANG JELAS DAN TIDAK ASAL COMOT ARTIKEL DARI INTERNET..

        Mohon untuk tidak menggunakan sumber referensi yang belum tentu benar ditulis di internet.. Sebagai peneliti, harus mengetahui versi asli naskahnya.. Bukan hanya mencomot artikel tertentu yang di situ sudah dilampirkan pula sumber referensi atau daftar pustakanya.. 

Loooh looh... mengapa begitu?  Penelitian skripsi adalah karya tulis yang ilmiah maka dari itu sumber referensi yang digunakan pun harus jelas.. Seperti : Menggunakan jurnal yang terakreditasi, jika menggunakan jurnal jurnal penelitian sebelumnya pastikan jurnal yang akan digunakan sebagai sumber referensi adalah jurnal yang sama dengan program studi-mu, jurnal jurnal asing maupun jurnal berbahasa Indonesia usahakanlah terbit dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir (misalnya: sekarang tahun 2021 maka setidaknya jurnal tersebut mulai diterbitkan tahun 2013 - 2020)..hal ini bertujuan untuk pembaharuan penelitianmu dan menariknya penelitian skripsi-mu.


Baca juga :

beberapa kesalahan dalam membuat proposal skripsi


Baca juga :

*Cara susun Bab 3

 

4.   Hmmm.. Menulis proposal skripsi tentunya tidak mudah namun yang perlu kalian pahami bahwa inti menulis isi proposal skripsi adalah JUDUL, LATAR BELAKANG MASALAH, TUJUAN PENELITIAN,  MANFAAT PENELITIAN, LANDASAN TEORI dan METODE PENELITIAN.. ini singkatnya isi proposal penelitian.. 


5.   Menyampaikan kepada dosen pembimbing tentang minatmu dalam melakukan penelitian tentang apa.. Karena Mahasiswa bimbingan skripsi dan Dosen Pembimbing Skripsi harus sejalan.. 


Baca juga :

contoh susunan bab 4

 * kuantitatif atau kualitatif ?


Jangan sampai Dosen tidak mengetahui apa yang ingin kamu teliti dan dirimu asal yakin saja dengan hasil karya proposal skripsi.. Bukan juga seperti itu.. Terus gimana dong?  

Diskusikan terlebih dahulu kamu ingin meneliti tentang apa?, tertarik di bidang apa?,  fenomena yang menarik yang bagaimana.. Diskusikan terlebih dahulu dengan dosen sebelumnya sehingga setelah kita sebagai peneliti skripsi sudah tercerahkan dengan minat yang akan diteliti dan Dosen sudah menanggapi.. Maka minta izinlah pada Dosen untuk mencari sumber referensi yang bagaimana yang cocok digunakan bagi proposal skripsi-mu.. Dan pasti banget,  kalau kamu sebagai Mahasiswa bimbingan semangat dan antusias.. Dosen pembimbingmu pun akan mudah memberikan izinnya,  merestui proposal skripsimu dan selalu mengarahkan proposal skripsimu.. 


 Baca juga :

 * Tips supaya tidak diganti judul skripsi

 * bongkar pertanyaan sidang skripsi !

 

Jika ini terjadi maka rajin rajinlah bimbingan.. Jadilah mahasiswa bimbingan skripsi yang aktif dan selalu berprogres tiap minggu.. Artinya kita sebagai mahasiswa bimbingan skripsi selalu ada kemajuan minimal seminggu sekali.. Rajin rajinlah untuk segera memperbaharui skripsi..misal setelah bimbingan dan diminta untuk revisi langsung revisi supaya tidak menunda nunda karena saat itu pikiran masih fresh..hehe jangan lupa,  makan dulu sebelum revisi.. Karena kalau dikerjakan saat lapaaar bisa bikin tambah lemes hehe maka dari itu.. Ngerjakan proposal skripsi dan revisinya..kalian harus makan terlebih dahulu.. 

Semangaaaaat wahai pejuang proposal skripsi.. Kalau kita bisa melaksanakan itu pasti cepet acc deh proposal satu semester.. 

Semangat yaaah.. Apalagi kalau kalian memulainya saat sedang mengambil mata kuliah penyusunan proposal skripsi.. Uuuhhuuuuuy lebih pasti cepet kelar proposal skripsimu.. 


Ini menginspirasi buangeet ! mengerjakan skripsi hanya butuh waktu satu semester : 

klik di sini !


Baca beberapa hal ini juga :

* Penyebab Skripsi Lama di ACC

* Cara Membuat MODUL Pelatihan dalam Skripsi

* Teori Regulasi 

* Tesis Lebih Mudah dari Skripsi

* Syarat Judul Skripsi dan Tesis mudah diterima Dosen

* Super cepat membuat Judul Skripsi



baca juga tentang :

a. terapi- terapi dalam psikologi

b. Dunia pernikahan

c. Parenting 

Jangan lupa share yaaa kawan kawanku semua.. 


Lebih lanjut Artikel Update 

 

Komentar