FEATURED POST

KONSULTASI SKRIPSI : CONTOH SUSUNAN BAB 4 KUALITATIF (SIMPLE)

 


Haiiii.. semua

Selamat siang..

Sudah saatnya makan siang nih… jangan lupa makan yaa meskipun rintangan revisi skripsi dan tesis selalu hadir mengisi hari – harimu..

Yaa..

Hari ini kita akan membahas tentang Contoh Hasil Penelitian BAB IV yang simpel sesimpel -simpelnya

Mengapa disebut simpel ? Karena ini contoh penelitian yang tidak menggunakan surat izin penelitian resmi dan dijadikan sebagai contoh untuk membuat BAB IV saja..

Karena aturan dan ketentuan setiap Univeritas berbeda.. maka saya akan merangkum seminimal mungkin supaya mudah untuk dijadikan contoh oleh teman- teman semua..

Ini contoh untuk yang BAB IV dengan metode penelitian Kulitatif..

Yuk mari.. simak beberapa hal berikut ini :

 

Baca juga : Memilih dan melakukan penelitian kuantitaif 

BAB IV

PELAKSANAAN DAN HASIL PENELITIAN

 

A. Persiapan Penelitian

 

1. Orientasi Penelitian

Penelitian ini tentang coping behavior Driver Ojek Online yang beroperasi di wilayah Solo yang berusia sekitar 25 – 55 tahun dan sudah menjadi driver minimal setahun serta significant other yang berjumlah.

Penulis mengambil tempat penelitian di wilayah Solo dikarenakan:

a.    Banyaknya aktivitas profesi sebagai seorang driver ojek online di wilayah Solo.

b.    Pentingnya mengetahui coping behavior profesi driver ojek online dalam menjalankan pekerjaan.

Baca juga : VARIABEL VARIABEL UNTUK JUDUL SKRIPSI/ TESIS PSIKOLOGI

2. Persiapan Penelitian

Sebelum penelitian dimulai, penulis melakukan survei terlebih dahulu di wilayah Solo untuk mengamati aktivitas profesi driver ojek online dalam bekerja, selanjutnya, peneliti bertemu dengan driver ojek online. Driver yaitu XY untuk meminta ijin melakukan penelitian di Solo dengan driver ojek online tersebut.

 Peneliti pun menjelaskan yang akan dilakukan kepada driver ojek online untuk meminta kesediaan menjadi subjek penelitian serta menjelaskan maksud dan tujuan penelitian. Peneliti pun meminta izin penelitian terhadap significant other.

 Baca juga : Teknik Afirmasi Merubah Hal Negatif Menjadi Positif dan Bermakna

B.  Pelaksanaan Penelitian

Penelitian mengenai coping behavior driver ojek online mulai dilaksanakan pada tanggal 12 Juni 2018 sampai dengan 13 Agustus 2018. Penelitian ini dilaksanakan setelah judul penelitian di ACC oleh Dosen pembimbing skripsi. Penelitian ini menggunakan satu orang driver ojek online sebagai subjek penelitian dan satu orang terdekat subjek penelitian yaitu istri driver ojek online sebagai Significant Other.

Subjek penelitian tidak meminta surat izin resmi penelitian namun dalam hal ini, meskipun subjek penelitian tidak meminta surat izin resmi, peneliti memberikan Informed Consent berupa surat kesediaan untuk menjadi responden kepada subjek penelitian dan Significant Other. Ketika subjek telah bersedia untuk menjadi responden dalam penelitian ini, penulis kemudian mengatur jadwal penelitian sesuai dengan yang telah disepakati.

Berikut peneliti tuliskan jadwal pelaksanaan terhadap masing-masing subjek penelitian : 

 

Tabel 1.1 Jadwal Pelaksanaan Wawancara  Subjek Penelitian

Nama

Wawancara 1

Wawancara  2

Tanggal

Waktu

Tempat

Tanggal

Waktu

Tempat

AL

……..

……

………

……..

…….

……

 

Tabel 1.2 Jadwal Pelaksanaan Observasi Subjek Penelitian

Nama

Observasi  1

Observasi 2

Tanggal

Waktu

Tempat

Tanggal

Waktu

Tempat

AL

………..

…………..

…………..

………..

…………..

…………….

 

 

 

Tabel 1.3 Jadwal Pelaksanaan Wawancara Significant Other      

Nama

Wawancara

Tempat

Tanggal

Waktu

HH

…………..

…………………………………….

…………..

 

 

 

Baca juga : Contoh Susunan BAB IV Kualitatif

C. Hasil Penelitian

1. Observasi Subjek

Subjek yang bernama AL adalah seorang laki-laki yang bekerja sebagai driver ojek online di wilayah Solo sejak ……….. sampai sekarang. Ketika diwawancara dan observasi pada pertama kali subjek sedang berada di ………... Subjek memiliki ciri-ciri fisik yaitu tinggi sekitar ….. cm dan berat badan sekitar ……. kg.Subjek memiliki warna kulit……… dan sebgainya. Ketika sedang wawancara subjek memakai …………….. Selama wawancara, pandangan subjek nampak fokus namun santai ketika diwawancarai oleh peneliti, sesekali tersenyum kepada peneliti, subjek tampak tenang menunjukkan mimik muka yang terbuka ketika peneliti melakukan wawancara.

Wawancara kedua dilaksanakan di …………… dengan kesepakatan antara peneliti dan subjek. Sebelum diwawancara subjek tampak sedang merokok sembari menunggu peneliti menyiapkan bahan untuk wawancara. Pandangan subjek sesekali melihat ke arah lantai dan subjek menjawab pertanyaan dengan tenang, subjek sangat ramah dengan peneliti.

 

2. Observasi Significant Other.

Significant Other pertama bernama HH yaitu istri dari AL yang merupakan subjek pertama. Wawancara berlangsung pada tanggal ...... Pada saat wawancara SO HH memakai ………….. SO HH memiliki ciri-ciri fisik tinggi badan sekitar ….. cm, berat badan sekitar ……. kg, kulit berwarna ………., bentuk wajah ……, mata …….., , rambut …...

Observasi dan wawancara dilaksanakan di …….. Selama wawancara, SO HH menjawab pertanyaan dengan mata melihat ke bawah, SO HH juga sesekali menatap peneliti ketika menjawab pertanyaan. SO HH bersikap ramah kepada peneliti.


Baca juga : Teknik Terapi Self Love

D. Hasil Wawancara

Berdasarkan hasil wawancara terhadap ketiga subjek yang berbeda, dapat ditemukan hasilnya sebagai berikut : Berikut hasil wawancara dari subjek penelitian dan Significant Other.

Contoh :

   Wawancara 

Berdasarkan wawancara pertama pada subjek pertama pada tanggal .........., ditemukan aspek-aspek coping behavior menurut Menurut Safaria & Saputra (2009), aspek yang dimiliki oleh subjek pertama tersebut adalah sebagai berikut :

1)    Emotion Focused Coping-  Distancing

 Aspek ini yaitu mengeluarkan upaya kognitif untuk melepaskan diri dari masalah atau membuat sebuah harapan positif.

Subjek memiliki upaya dan mampu melepaskan diri dari masalah dengan membuat harapan positif ketika peneliti menanyakan ketika dalam menjalankan profesi sebagai driver ojek online mengalami tekanan, hal ini ditunjukan dengan pernyataan subjek sebagai berikut :

“Kalau aku yang ngrasa tertekan gitu yoo kadang yowes mas gitu, pancen rezekine lagi ngono..misal ada order fiktif kayak go-food gitu pernah beli banyak ternyata fiktif di telpon ngga diangkat yaa udah mas tak bawa pulang buat oleh oleh keluarga..merelakan aja yang terjadi mas..laah mau diapakan juga..hehe kalau lainnya yowis, disyukuri waelah mas..rezeki wis ono sing ngatur..terkadang yo mikir juga sih mas..sekarang kan yo banyak driver ojol bermunculna beda kayak tahun tahun sebelumnya yo karena enak to mas nek buat penumpang lebih murah mudah jadi memicu banyak driver bermunculan gitu mas..kadang yo nggak enak juga kalau ngerasa persaingan sebagai driver ojek online juga makin ketat to mas..hehe di sisi lain yo sama – sama cari rezeki di sisi lain yo sesama driver makin ketat itu tadi” (S1,W1,Lk,b 212-219)


 

baca juga : Memahami Pentingnya Peak Performance

2.) Problem Focused Coping- Seeking informational support

Aspek ini yaitu mencoba untuk meperoleh informasi dari orang lain. Subjek mencoba memperoleh informasi dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi sebagai seorang driver ojek online. Hal ini ditunjukkan sebagai berikut:

“Berbaur sama siapa saja..kan kadang yang berprofesi sebagai driver ojol nggak cuma seumuranku..ada yang juga mahasiswa, wis bapak- bapak ada juga yang berkeluarga..kan berbagai kalangan..intine yo diskusi mau..mesti kan oleh informasi pngetahuan to mas..bisa tukar pikiran kalau ada masalah juga..” (S1,W1,Lk,b 202-208)

baca juga : Teknik Terapi Psikologi Transpersonal 

Daftar Pustaka :

Safaria, T dan Saputra, N.E. (2009). Managemen Emosi. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nah, udah ada gambaran kan untuk menuliskan bab IV nya... untuk selanjutnya tunggu pembahasan menarik lainnya mengenai dunia skripsi dan tesis.....

Pada penjelasan hasil wawancara setelahnya bentuknya sama dengan hasil observasi.. tinggal nanti dimasukkan saja teori teori yang mendukung hasil penelitian dan dikolaborasikan dan dianalisis pula dengan hasil penelitian hasil penelitian oleh para peneliti sebelumnya dalam jurnal jurnal ter-update minimal 7 (tujuh) tahun terakhir..

tetap semangat

Salam penuh perjuangan dan penuh makna kebahagiaan..

Share jika bermanfaat..


Baca juga : Strategi Pencegahan Ganti Judul Skripsi


Baca juga : Tips Mengatasi Gawat ketika Sudah mau Seminar Proposal Skripsi Tapi Dosen Minta Ganti Judul


Baca juga :Fakta Menarik Tentang Dosen Pembimbing Anda 


Baca juga : Berbagi pengalaman sampai akhirnya nemu Judul Skripsi


Baca juga : Versi Lengkap : Susunan Latar Belakang Masalah pada Bab 1

Komentar