FEATURED POST

TEKNIK TERAPI [[ SELF LOVE : MENERIMA TRAUMA DI MASA LALU DAN MEMAAFKAN DIRI SENDIRI


SELF LOVE : MENERIMA TRAUMA MASA LALU DENGAN MEMAAFKAN DIRI SENDIRI

Pernahkah Anda merasa terganggu saat melakukan aktivitas dalam kehidupan ? 

Pernahkah Anda merasa tidak mengetahui hal apa sajakah yang sebenarnya menganggu pikiran dan perasaan Anda?

Pernahkah Anda mengalami peristiwa besar yang menjadikan Anda takut mengalami hal serupa di masa yang akan datang? 

Pernahkah Anda merasa lelah hati, kesal, marah, kecewa karena sebuah hubungan (entah dengan orangtua, pasangan, suami/ istri atau anak, atau permasalahan dengan keluarga lainnya)? 

Pernahkah Anda tiba tiba merasa (GERD) sesuatu dalam diri yang tiba tiba dalam dada terasa sesak, panas karena asam lambung naik? 

Pernahkah Anda merasa bahwa penilaian orang lain sangat mempengaruhi hidup Anda?

Pernahkah Anda melakukan sesuatu hal harus perfeksionis dan sempurna meskipun Anda tau kemampuan Anda belum mumpuni untuk mampu melaksanakannya?

Pernahkah Anda menanyakan tentang diri Anda sendiri kepada diri Anda sendiri seutuhnya dan sejujur jujurnya tentang memaknai kebahagiaan dalam kehidupan Anda?

Pernahkah Anda menanyakan dan merefleksikan pada diri Anda sendiri tentang tujuan mulia apa yang ingin Anda peroleh dalam kehidupan ini?

Pernahkah Anda mengucapkan terimakasih kepada diri Anda tentang segala pencapaian Anda sampai pada titik kehidupan saat ini? 

Pernahkah Anda merasakan trauma di masa lalu dan sudah memaafkan diri Anda sendiri?


baca juga :

six step reframing , 


self love therapy , 


teknik afirmasi positif ,


letting go  , 


intervensi individu


Apakah sudah Anda lakukan? Apakah Anda sudah mengakuinya? Seberapa besar Anda merasakan trauma dalam hidup Anda? Dan seberapa ingin Anda mengikhlaskan dan menerima trauma di masa lalu Anda dan mulai mencintai diri Anda..

Mari kita kupas dan bahas dalam teknik terapi self love ini atau Terapi Mencintai Diri..

Beberapa dari Anda pasti pernah mengalami trauma besar dalam kehidupan yang pastinya akan berdampak pada kebahagiaan yang Anda rasakan dalam kehidupan..Menerima trauma dan memaafkan diri sendiri adalah modal bagi Anda untuk diri Anda sendiri mencintai diri.. Mencintai diri inilah yang akan menjadi cikal bakal untuk mencintai dan saling berbagi kasih sayang terhadap orang lain dan semesta.. 

Menerima diri dengan jujur terhadap diri sendiri akan meredakan Anda dari belenggu yang selama ini mengikat diri Anda dengan kuat.. Anda perlahan akan menemukan AHA untuk menggali potensi kebahagiaan yang berujung pada mencintai diri.

Self love sebuah teknik yang dapat Anda lakukan secara mandiri dan paling mudah Anda lakukan jika Anda menerima diri Anda secara utuh, jujur terhadap kelemahan kelemahan diri Anda (misal: Saya adalah orang yang sensitif, saya selalu ingin diutamakan, saya sangat terluka dengan penilaian orang lain terhadap diri saya, saya orang yang selalu memaksakan kehendak saya sehingga seringkali membuat orang lain merasa kewalahan..akui sisi sisi negatif diri Anda) kejujuran akan diri Anda sendiri akan membantu Anda untuk mengenal lebi dalam tentang diri Anda sendiri dan memaafkan kesalahan diri Anda di masa lalu dan masa kini.. Anda akan merasakan kelegaan yang membuat Anda lebih bisa menerima diri Anda dan kebahagiaan Anda.. Energi positif dan emosi positif akan hadir mewarnai kehidupan Anda..

Pikiran dan perasaan yang bahagia akan meminimalisir jiwa akut yang akan mempengaruhi reaksi fisik seseorang.. contohnya adalah GERD atau asam lambung.. hal ini contoh kecil saja.. apabila Anda merasakan kehadiran emosi emosi negatif yang tercipta dari suatu peristiwa yang Anda alami dan Anda merasa tertolak, tidak nyaman, merasa bersalah, membutuhkan kehadiran seseorang yang akhirnya Anda pendam dalam diri dan hal lainnya yang memicu hadirnya emosi negatif maka akan mempengaruhi secara fisiologis pada diri Anda..yaaa.. contoh kecilnya adalah GERD..

Lalu gimana Teknik Self Love dapat diterapkan dan menjadi habit..

SELF LOVE : MENCINTAI DIRI 

MENCINTAI DIRI berarti dimulai dari mencintai yang menciptakanmu yaitu Allah SWT atau Tuhan Yang Maha Esa..

Contoh kecil saja kalimat dzikir yang kita lantunkan melalui aliran nafas kehidupan kita adalah contoh dari mencintai diri..

Libatkan Allah atau Tuhan dalam setiap penerimaan akan trauma yang pernah kau alami dalam proses kehidupanmu.. Memaafkan dirimu melalui lantunan dzikir dari setiap hembusan nafasmu yang masuk melalui kedua lubang hidungmu.. izinkan dan ikhlaskan setiap dzikir yang Anda lantunkan memberikan kesegaran dalam syaraf syaraf otak dan mempengaruhi diri Anda untuk Anda lebih mencintai diri Anda secara utuh.. Izinkan diri Anda untuk menghargai diri Anda sendiri.. Izinkan diri Anda menjadi pribadi yang lebih pemaaf..lebih sabar dan selalu bahagia.. Izinkan diri Anda sendiri untuk menerima trauma di masa lalu sebagai bagian dari kasih sayang Anda terhadap diri Anda sendiri.. Anda mengizinkan diri Anda sendiri untuk lebih merasakan kebahagiaan baij untuk saat ini maupun di masa yang akan datang... Izinkan diri Anda untuk memaafkan peristiwa di masa lalu dan mengikhlaskannya.. Ucapkan terimakasih apabila diri Anda saat ini telah berhasil merelakan perasaan Anda dan Anda lebih merasa berharga.. menjadi lebih bahagia dan lebih mencintai diri Anda..

Ucapkan terimakasih dan Alhamdulillah..

Ucapkan dengan penuh keikhlasan hati sehingga Anda akan lebih merasa self love menjadi penerang hati dalam kehidupan Anda..

Sampaikan ucapan terimakasih yang sedalam dalamnya pada Allah..pada Tuhan yang telah mengizinkan Anda saat ini untuk lebih merasakan kebahagiaan..

Terimakasih.. terimakasih..

Alhamdulillah..

Nah, sekarang Anda bisa untuk memulai aktivitas yang bisa membuat Anda menjadi lebih mencintai diri Anda..

Olahraga rutin, menonton film kesukaan entah korea atau bollywood atau hollywood, berbagi kebahagiaan kepada orang lain dengan berderma, mengekspresikan jiwa Anda dengan menulis atau menari sebagai sebuah bentuk self love dan terapi untuk kebahagiaan jiwa dan raga dan hal hal lainnya yang dapat membuatmu bahagia..

Salam

Mental health 

Referensi : 

Terinspirasi dari permintaan teman teman untuk bisa release secara mandiri dengan terapi terapi psikologi..

Share jika bermanfaat.. saling mengingatkan dan berbagi kebaikan akan membuat kehidupan ini lebih berbahagia dan bermakna..


Komentar