FEATURED POST

Strategi Pencegahan Ganti Judul Skripsi



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh wahai sahabatku psikologi kampus di manapun berada..


Home : Artikel update di Psikologi Kampus


Baca juga : Strategi Pencegahan Ganti Judul Skripsi


Selamat pagi dan salam sejahtera untuk semuanya semoga selalu dalam keadaan sehat bahagia dan selalu diberikan rezeki yang barokah..

Amin amin ya robbal alamin..

Pada pembahasan pagi hari ini topiknya sangat menarik sekali yaitu strategi pencegahan ganti judul skripsi.


Baca juga : bongkar pertanyaan sidang skripsi


Baca juga : tips mengatasi jenuh saat mengerjakan skripsi di era pandemi covid 19


Berikut ini pembahasan tentang strategi pencegahan ganti judul skripsi :


1. Mahasiswa dan dosen pembimbing skripsi harus sejalan untuk mencegah ganti judul.

Perbincangan atau pembahasan tentang judul skripsi adalah hal yang paling menarik dan paling dicari oleh mahasiswa ya..

Tentunya para mahasiswa Jurusan apa pun di Universitas atau kampus manapun pasti sudah berusaha yang terbaik untuk memunculkan ide-ide Brilian, mengajukan judul Impian sesuai harapan, dan lain sebagainya usaha yang telah dilakukan namun masih saja terkendala untuk ganti judul..

Sebelum membahas tentang strategi pencegahan ganti judul skripsi atau tesis Maka sebagai mahasiswa harus memiliki niat yang kuat untuk mengerjakan skripsinya terlebih dahulu dan untuk selanjutnya adalah harus aktif alias tidak boleh malas, atau merasa takut untuk bimbingan kepada dosen pembimbing meskipun menerima segala tantangan dan hambatan dari dosen pembimbing yang menurut mahasiswa galak sulitnya mahasiswa menemui dosennya dan lain sebagainya.

Mahasiswa harus terlebih dahulu memiliki Daya juang yang tinggi karena apapun hambatan yang ditemuinya, skripsi pasti akan berlalu kalau kita sebagai mahasiswa aktif meskipun secara hati nurani termasuk mahasiswa yang sensitif atau baperan terhadap kata-kata yang disampaikan oleh dosen pembimbing itu kurang berkenan di hati.

Karena segala sesuatu terutama untuk memulai skripsi yaitu dari pengajuan judul skripsi, mahasiswa dan dosen pembimbing haruslah sejalan.

Admin tegaskan lagi mahasiswa dan dosen pembimbing harus sejalan.

Hal itu karena berpengaruh besar terhadap kelancaran skripsi atau pengerjaan tesis mahasiswa hingga sidang akhir atau revisi setelah sidang akhir.

Nah setelah sejalan antara mahasiswa dan dosen pembimbing maka strategi pencegahan ganti judul dapat diupayakan. 


Baca juga ini nih : 

Saat Dosen Menawarkan Judul Skripsi Yang Tidak Disukai Anda? Apa yang harus dilakukan ? 

Baca juga : 

Rahasia di Balik Durasi Waktu Sidang Skripsi/ Tesis !!


Baca juga : FAKTA Alat Ukur/ Kuisioner mudah DI ACC DOSEN


Baca juga : Cara Menentukan Variabel Prediktor Pada Penelitian Korelasional


Baca juga : Tips MENCEGAH PIKIRAN NEGATIF Saat Mengerjakan SKRIPSI


2. Jangan terburu-buru ganti judul. 

Nah terburu-buru ganti judul itu juga merupakan kesimpulan yang ditangkap oleh beberapa mahasiswa bahwa dosen pembimbing nya minta untuk ganti judul padahal..........

Padahal......

Padahal.....

Kesimpulan yang dimaknai oleh beberapa mahasiswa bukan untuk ganti judul melainkan untuk memastikan judul itu sendiri atas kejelasan permasalahan penelitian yang dianggap penting oleh peneliti untuk dapat dijadikan penelitian skripsi.

Sudah paham belum maksudnya admin ??

Kalau belum paham sini saya beri inspirasi untuk dapat memahami..

Intinya adalah ketika bimbingan tentang judul dan supaya tidak ganti judul maka mahasiswa perlu memastikan bahwa permintaan revisi dari dosen itu bukan ganti judul melainkan permasalahan yang diangkat memang belum sesuai.

Contoh kasusnya seperti ini :

Mahasiswa : Duh Saya pengen nangis dan sangat kecewa karena judul saya ditolak terus oleh dosen.. Saya pengen meneliti tentang kegiatan yang berkaitan dengan religiusitas di sekolah contohnya salat berjamaah.

Saya sudah mengajukan judul kepada dosen saya tentang pengaruh bimbingan guru di sekolah terhadap salat berjamaah di sekolah X.

Saya sudah mengajukan kepada dosen pembimbing saya tetapi masih saja ditolak.

Konsultan : Oh seperti itu, lalu apa yang dilakukan oleh kakak setelah itu?

Mahasiswa : saya diminta untuk meneliti dengan perbandingan yaitu itu bagaimana salat berjamaah dirumah dengan di sekolah?

Konsultan : Oh seperti itu, Menurut saya pribadi kalau untuk perbandingan Bagaimana salat berjamaah dirumah dengan di sekolah dengan situasi pandemi covid 19 seperti ini akan sangat sulit dilakukan untuk memantau Seperti apa kegiatan para siswa di sekolah. Maka dari itu menurut saya akan lebih baik yang harus dilakukan adalah memahami terlebih dahulu fenomena GAP penelitiannya seperti apa?


Fenomena GAP dan Research GAP yuk baca lagi :   klik di sini


Pentingnya penelitian kakak harus diteliti itu kenapa?

Alasan melakukan penelitian tersebut berdasarkan apa?

Harus jelas yaaaaa πŸ˜ƒ

Mahasiswa : Iyaaa kak, apalagi disuruh nentukan variabel terikat nya.. 

Konsultan : Nah, harus pahami dulu fenomena GAP penelitiannya bagaimana yaa dan baca baca jurnal kekinian yang minimal terbit dalam lima tahun terakhir yang membahas permasalahan yang sama dengan minat penelitian.

Atau ada alternatif lainnya dari permasalahan yang dihadapi dan dilihat dari permintaan  dosen pembimbing yang meminta untuk melihat perbandingan salat berjamaah di rumah dan di sekolah. Dan permintaan untuk mencari variabel terikatnya.

Bisa buat penelitian eksperimen yang nanti kakak kasih tugas pada para siswa atau peserta didik istilahnya treatment atau perlakuan. Kalau memakai judul pengaruh itu fokusnya bisa penelitian eksperimen kak..

Pembiasaan sholat di rumah dengan di sekolah..Tapi mnurut sy agak sulit karena untuk mengetahui kegiatannya di sekolah kan di batasi sekarang kan masih daring dan jarang yang full sebulan di sekolah..Kalau mmg ingin fokus neliti shalat jamaah..Menurut sy bisa dengan penelitian eksperimen dikasih perlakuan untuk melaksanakan shalat jamaah pada siswa dan nanti bisa dikaitkan dengan perilaku anak seperti kenakalan remaja, agresivitas dan lain sebagainya nanti bisa dicari sndiri di jurnal jurnal hubungan antara sholat jamaah dengan perilaku tertentu..

Nah, kalau kakak bisa melakukannya dengan eksperimen..

Alternatif lain bisa dengan kualitatif, jadi pemaknaan seseorang ketika solat jamaah di sekolah sama di rumah perbedaannya bagaimana dan bisa diteliti bagaimana analisisnya terhadap kesejateraan psikologis dan lain sebagainya

Jadi, nggak bisa yang menggeneralisasi...

Karena subjektif..

Itu pendapat dari saya selaku admin psikologi kampus.. 


Baca juga :

Cara cari variabel penelitian kuantitatif lebih dari dua variabel terikat


Baca juga : 

Cara Mencegah Plagiarisme dan Bisa Cek Gratis karya ilmiah Anda di sini bisa bentuk file maupun url


Contoh kasus lainnya adalah keterkaitan penggunaan metode pembelajaran menggunakan aplikasi tertentu terhadap hasil belajar peserta didik.

Misalkan ini anda sudah mengajukan judul penelitian terhadap dosen tetapi dosen meminta anda untuk lebih spesifik Aplikasi apa yang digunakan dari yang paling mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Maka yang harus anda lakukan adalah cari yang paling efektif ya bisa datanya di cari dari jurnal-jurnal terkini dan sebutkan aplikasi yang paling efektif seperti Instagram atau Whatsapp atau Twitter atau telegram dan lain sebagainya.

Jangan terburu-buru untuk ganti judul padahal dosen hanya ingin anda mencari aplikasi yang menyatakan bahwa metode pembelajaran dengan aplikasi X yang paling efektif mempengaruhi hasil belajar peserta didik.

Jadi gitu ya Mahasiswa jangan langsung per spekulasi atau berkesimpulan bahwa dosen meminta anda untuk ganti judul..

Jadi asumsi untuk ganti judul karena mahasiswa mengajukan judul tapi ditolak terus padahal karena permasalahan penelitian belum spesifik dan mahasiswa berkesimpulan bahwa dosen meminta untuk ganti judul.

Sebenarnya kalau permasalahan yang diangkat sudah spesifik dan penting untuk dilakukan sebuah penelitian, dosen akan memberikan kemudahan untuk menerima judul yang diberikan. Jadi jangan terburu-buru untuk menyimpulkan bahwa dosen pembimbing meminta anda untuk ganti judul.

Pahami dulu Apa maksud dari dosen.


Baca juga : Tips Mengatasi Gawat ketika Sudah mau Seminar Proposal Skripsi Tapi Dosen Minta Ganti Judul


Baca juga : 

Fakta Menarik Tentang Dosen Pembimbing Anda 


Baca juga : Berbagi pengalaman sampai akhirnya nemu Judul Skripsi


Baca juga : Versi Lengkap : Susunan Latar Belakang Masalah pada Bab 1


3. Jika bingung maka konsultasikan dengan dosen tentang hal apa yang bisa diangkat menjadi penelitian Ketika anda tertarik untuk melakukan penelitian tentang sesuatu.

Ketika anda sudah bimbingan dan ada permintaan revisi dari dosen maka pahami dulu baik-baik perintah atau permintaan dari dosen dan jangan terburu-buru untuk memberikan kesimpulan kalau judul yang telah anda sampaikan itu wajib diganti. 

Nah bisa saja anda tidak diminta untuk ganti judul sesungguhnya anda hanya diminta untuk mempertegas permasalahan anda dan variabel yang digunakan pada penelitian Anda sesuai dengan fenomena gap penelitian.

Sekian inspirasi dari admin psikologi kampus hari ini Semoga tetap semangat belajar dan mengembangkan diri dan jangan lupa untuk berbagi inspirasi kepada teman-teman pejuang skripsi lainnya semoga bermanfaat ya

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..

Komentar