FEATURED POST

BUAT JUDUL?






KONSULTASI SKRIPSI = BUAT JUDUL ? 



Ini dia.. si judul, kalian pasti bingung kan untuk nge-buat judul penelitian skripsi atau tesis..

baca juga : 

Ada yang rajin ke perpus buat cari inspirasi judul, ada yang tanya tanya kakak angkatan gimana caranya.. bahkan hampir nangis kalau ditagih judul hehe 

baca juga :


Ini menginspirasi buangeet ! mengerjakan skripsi hanya butuh waktu satu semester : klik di sini !

Sini sini..mari kita bahas bersama sama.. gimana caranya buat judul   : 

Baca juga : Mencegah plagiarisme


  1. Tau minat kamu dulu.. jadi untuk memulai penelitian itu harus suka dulu sama apa yang diteliti.. ini yang buat kita semangat dan konsisten untuk terus belajar mencari tahu dan memperbaiki kelemahan penelitian kita sehingga ketika berada di titik jenuh kita cepat untuk bangkit dan fokus melangkah lagi hehe sama kan dengan jatuh cinta.. neliti itu harus menyukai dulu hal yang ingin kamu teliti.. hayoo kira kira apa yang ada di benak kalian sekarang? Jika sudah terlintas coba sekarang tuliskan perihal apa yang kau sukai dan kau minat di sebuah kertas..jangan tunda lagi !! 
  2. Perhatikan lingkunganmu.. amati hal hal yang terjadi di sekelilingmu.. apabila menemukan kesenjangan itulah yang dijadikan bakal penelitianmu.. kemudian cari bahasa trend-nya saat ini.. contoh kasus sosial : perilaku anak anak yang nakal.. nah, kalian bisa cari yang namanya bully atau perundungan seperti itu.. bully atau perundungan ini bisa jadi variabel..misalnya lagi kalian penasaran mengapa kebaikan bisa menular nah, karena setiap insan memiliki empati..nah, empati ini bisa juga menjadi variabel..
  3. Target sebagai subjek penelitian.. usia yang dijadikan target bagi peneliti penting juga diperhatikan.
  4. Masih bingung dan bingung dan bingung ??? Buat judul hehe
    Jadi gini, nggak usah susah dan merasa nelangsa nggak nemu nemu judul..
  5. Contoh : memilih anak usia SD    
  • a. Dipilih karena ketertarikan peneliti..
  • b. Bagaimana cara pengambilan data.. perhatikan !! Anak usia SD tidak bisa kok disuruh nulis dan ngisi angket/ kuisioner hehe pasti butuh orang dewasa yang membantu menuliskan dan mengarahkan untuk pengisian.. bisa dalam hal ini menggunakan inter rater reliability.. apa itu? Intinya melibatkan beberapa pengamat untuk tahu tentang subjek penelitian.. nah rater inilah yang bakal mengisi angket/ kuisioner.. lalu kalau anak usia SD siapa dong yang isi angket/kuisioner penelitian?? Bisa rater di sini orangtua, guru, wali kelas dll..
    Intinya dari tulisan ini adalah : 
  • Liat berbagai peristiwa yang ter-update yang lagi hits
  • Sesuaikan dengan minat atau kesukaanmu
  • Amati kesenjangan yang terjadi !! Peristiwa yang terjadi apa ? CATAT !! YANG SEHARUSNYA TERJADI bagaimana? CATAT !! sesuaikan dengan teori
  • Tetapkan subjek dan lokasi peristiwa hehe
  • Sajikan dalam bentuk judul dan bawalah ke meja bimbingan
    SEKIAN ^^

Baca juga bagi peneliti kuantitatif, wajib tahu hal ini : klik di sini 




Komentar