- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
FEATURED POST
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Model-Model Pembelajaran Lanjut
Dosen Pengampu
: Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd
Disusun
oleh:
Adinar Fatimatuzzahro
PASCASARJANA
PSIKOLOGI
PENDIDIKAN ISLAM
PROGRAM
STUDI INTERDISIPLINARI ISLAMIC STUDIES
UNIVERSITAS
ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
|
Sekolah/Madrasah |
: SMP Sunan Kalijaga |
||
|
Kelas/Semester |
: VII/ II |
||
|
Mata Pelajaran |
: Pendidikan
Agama Islam |
||
|
Alokasi
Waktu |
: 1 X 35 menit |
||
|
A. |
Standar Kompetensi
(SK) 6.
Memahami nilai nilai
empati dan dapat mewujudkannya dalam kehidupan sehari – hari. |
||
|
B. |
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator |
||
|
|
6.1 Mengidentifikasi perwujudan nilai – nilai empati
dan memiliki karakter berempati. 6.1.1
Siswa dapat
mendefinisikan pengertian nilai empati menurut pemahaman
dan pemaknaan siswa. 6.1.2
Siswa dapat
menjelaskan nilai – nilai empati dalam kehidupan sehari
- hari. |
||
|
C. |
Tujuan
Pembelajaran |
||
|
|
Dengan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan presentasi siswa mampu: 1. Mendefinisikan pengertian nilai empati menurut
pemahaman dan pemaknaan siswa. 2. Menjelaskan nilai – nilai empati dalam kehidupan sehari
- hari. |
||
|
D. |
Karakter yang Dikembangkan Tanggung jawab, kerja sama, toleransi, menghormati dan memaknai
nilai. |
||
|
E. |
Materi
Pembelajaran Nilai –
nilai berempati. (Terlampir) |
||
|
F. |
Metode
Pembelajaran |
||
|
|
1.
Model : Integrasi
Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran 2.
Strategi : Information
Search, Active Knowledge Sharing 3.
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab,
Demonstrasi, dan Presentasi. |
||
|
G. |
Media dan Sumber Pembelajaran 1.
Media : a. LCD b. Power point c. Worksheet 2.
Sumber Pembelajaran: a.
Ickes, W. (1993). Empathic Accuracy. Journal of Personality. b.
Cole-King, A. & Paul G. (2011). “Why Teach
Compassion?” : Compassionate Care : The Theory And The Reality. Journal Of Holistic Healthcare. Vol
8 (3):29-37 c.
Howe, D. (2015). Empati Makna dan Pentingnya. Yogyakarta : Pustaka |
||
|
H. |
Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran |
||
|
|
1.
Pendahuluan (5 menit) Apersepsi 1)
Guru mengucapkan
salam, menarik perhatian siswa, kemudian memulai pelajaran dengan membaca do’a sebelum belajar. رَضِيْتُ باللّه رَبَّاً،
وَبالإِسْلامِ دِيْناً، وبِمُحَمَّدٍ نَبِيَّاً وَرَسُوْلاً رَبِّ زِدْنِي
عِلْمًا، وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا 2)
Guru melakukan
presensi atau menanyakan siswa yang tidak hadir. 3)
Guru membangun
motivasi dengan menyanyikan lagu “Bintang
Kejora”. Kupandang langit
penuh bintang bertaburan 4)
Guru menanyakan materi yang telah dipelajari sebelumnya
yaitu sifat sifat terpuji dalam kehidupan untuk dihubungkan dengan materi yang akan
dipelajari hari ini. 5)
Guru menjelaskan
secara singkat materi yang akan dipelajari dan tujuan yang akan dicapai. 2.
Kegiatan Inti (25 menit) Eksplorasi 1)
Guru memancing rasa
ingin tahu siswa dengan pertanyaan tentang nilai- nilai
berempati dalam kehidupan. 2)
Guru menyampaikan bahwa dalam
lirik lagu yang telah dinyanyikan tadi terdapat bintang yaitu perilaku
terpuji menjadikan seseorang mencerminkan kebaikan hati dan kebaikan selalu
memberikan cahayanya bagi setiap orang seperti bintang yang terang cahayanya .
3)
Guru mengajak
siswa untuk mencari tahu tentang berempati. 4)
Guru menayangkan slide tentang
materi empati. 5)
Guru menjelaskan materi tentang
empati dan mengajak siswa siswanya berdiskusi. Elaborasi 1) Setiap siswa mempresentasikan nilai – nilai empati
dalam kehidupan sehari hari. 2) Guru memberikan apresiasi kepada siswa – siswa yang telah
mempresentasikan nilai empati 3) Guru membagi
siswa – siswi untuk berkelompok dua – dua dan mendemonstrasikan
diskusi dengan mendengarkan secara bergantian. 4) Setiap
kelompok yang terdiri dari orang, semuanya memberikan pengalaman yang
dirasakan melalui demosntrasi berempati. 5) Kelompok lain diperbolehkan bertanya atau menanggapi presentasi
temannya. 6) Guru memberikan apresiasi kepada semua kelompok yang telah melakukan
demonstrasi dengan baik. Konfirmasi 1) Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil diskusi. 2) Siswa bersama guru menyempurnakan hasil pemahaman gagasan tentang nilai –
nilai berempati. 3. Kegiatan Penutup (5 menit) 1) Guru meminta
siswa untuk menonton video dan memberikan soal terkait empati melalui
pembelajaran video tersebut. 2) Siswa dengan dampingan guru membuat dan mencatat kesimpulan dari
pembelajaran hari ini. 3) Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
kepada guru. 4) Siswa diberi pekerjaan rumah, yaitu mencatat contoh-contoh menerapkan
empati dalam kehidupan sehari - hari yang ada
di sekitar rumah. 5) Guru memberikan apresiasi pada siswa karena telah mengikuti proses
belajar dengan baik. 6) Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya, yaitu tentang “toleransi”. 7) Guru mengingatkan pada siswa untuk selalu giat belajar. 8) Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan mengucap tahmid. 9) Guru mengucapkan salam penutup. |
||
|
I. |
Penilaian |
||
|
|
1.
Jenis/ Teknik Penilaian: Afektif :
Observasi Kognitif : Tes
Tertulis Psikomotor : Unjuk
Kerja 2.
Bentuk Penilaian: Afektif : Skala
Penilaian Kognitif : Pilihan
ganda dan uraian Psikomotor : Skala
Penilaian 3. Instrumen Penilaian: (Terlampir) 4.
Pedoman Penskoran: (Terlampir) |
||
|
|
|||
Yogyakarta, 2
Mei 2017
Kepala Sekolah,
Guru
Mata Pelajaran PAI,
Dr. Hj. Sri Sumarni, M. Pd Adinar
Fatimatuzzahro, MA
NIP. 809278648 878 77001 NIP.
1620010014
Lampiran
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran
Lembar Penilaian
Nama siswa :…..
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi perwujudan nilai – nilai empati dan
memiliki karakter berempati
Indikator : 6.1.7
Siswa dapat mendemonstrasikan nilai – nilai
berempati melalui bimbingan guru.
Kelas/ Semester : VII/ II
Hari/ Tanggal : ….
Penilaian Unjuk Kerja Melakukan Percobaan
dalam Kelompok
NO |
Aspek yang dinilai |
Hasil Penilaian |
|||
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Kurang (1) |
||
1 |
Melaksanakan percobaan dengan sesuai |
|
|
|
|
2 |
Memahami
dan berkesimpulan mengenai inti pembelajaran |
|
|
|
|
3 |
Presentasi laporan hasil pembelajaran |
|
|
|
|
Rubrik
Penilaian:
NO |
Aspek yang dinilai |
Hasil Peilaian |
|
||||||
Sangat Baik (4) |
Baik (3) |
Cukup (2) |
Kurang (1) |
|
|||||
1 |
Melaksanakan percobaan dengan sesuai |
Melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah
yang tepat secara mandiri bahkan melebihi dari yang diharapkan |
Melakukan percobaan sesuai dengan langkah-langkah
secara mandiri |
Melakukan percobaan dengan langkah-langkah yang tepat dengan
bantuan guru |
Melakukan percobaan dengan langkah-langkah yang kurang tepat |
||||
2 |
Memahami
dan berkesimpulan mengenai inti pembelajaran |
Kesimpulan dirumuskan secara mandiri dan melebihi dari yang diharapkan |
Kesimpulan dirumuskan dengan tepat secara maandiri |
Kesimpulan dirumuskan dengan tepat dengan bantuan guru |
Kesimpulan dirumuskan kurang tepat |
||||
3 |
Presentasi laporan hasil pembelajaran |
Penguasaan isi hasil pembelajaran melebihi dari yang diharapkan |
Sangat menguasai isi hasil pembelajaran |
Cukup menguasai isi hasil pembelajaran |
Kurang menguasai isi hasil pembelajaran |
||||
Nilai =
Kriteria:
1. Sangat kompeten bila mendapat nilai 91 sampai
100
2. Kompeten bila mendapat nilai 71 sampai 90
3. Cukup kompeten bila mendapatkan nilai 61
sampai 70
4. Kurang kompeten bila mendapatkan nilai kurang
dari 60
- Dapatkan link
- X
- Aplikasi Lainnya
Komentar
Posting Komentar