FEATURED POST

Uji Validitas pada BAB III Metode Penelitian

 





Baca juga : 

cek plagiarisme GRATIS


Baca juga : 

Inspirasi judul tentang Covid 19


Pengertian Uji Validitas pada BAB III Metode Penelitian

Validitas berkaitan dengan kemampuan sebuah tes mengukur apa yang sebenarnya hendak diukur oleh tes tersebut (Anastasi & Urbina, 2007).

Creswell (2005) menjelaskan bahwa validitas adalah sejauh mana skor suatu tes dapat memberikan gambaran tentang populasi atau sampel.

Uji validitas dilakukan untuk mengetahui kemampuan skala psikologi menghasilkan data yang akurat sesuai dengan tujuan pengukurannya (Azwar S, 2012). Azwar (2012) juga menjelaskan bahwa suatu alat ukur dapat dikatakan mempunyai validitas tinggi apabila alat ukur tersebut mampu menjalankan fungsi pengukurannya, atau mengukur dengan tepat dan akurat sesuai dengan maksud yang dikenakan alat ukur tersebut, memiliki kecermatan dalam mendeteksi perbedaan-perbedaan kecil yang ada pada atribut yang diukur.


Baca juga : 

Buat Judul Skripsi atau Tesis 


Baca juga bagi peneliti kuantitatif, wajib tahu hal ini : 

klik di sini 


Baca juga : 

Pengalaman penulis sampai akhirnya nemu Judul Skripsi


Uji validitas alat ukur penelitian adalah Content validity digunakan sebagai metode dalam pengujian validitas kuesioner. Content validity melibatkan pengujian sistematik atau isi tes untuk menentukan apakah tes mencangkup sampel representatif dari domain perilaku yang harus diukur. Content validity dapat dilakukan dengan menggunakan pendapat dari para ahli- ahli dalam bidang pengukuran. Dalam teknik ini didasarkan pada pengujian konten dengan melibatkan expert judgement untuk mengevaluasi setiap item dalam alat ukur guna memastikan kesesuaian item dengan konstruk penelitian yang digunakan (Osterlind, 2010).


Baca juga : 

Cara membuat latar belakang masalah skripsi

 * Cara menyusun BAB 1

*  Cara menyusun BAB 2

 

Sumber referensi :

Anastasi, A., & Urbina, S. (2007). Tes Psikologi, Edisi Ketujuh. Jakarta: Penerbit PT Indeks.

Azwar, S. (2012).Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Creswell, J. W. (2005). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Second Edition. Canada, US: Pearson.

Osterlind, S. J. (2010). Modern Measurement: Theory, Principles, and Applications of Mental Appraisal. USA Canada: Pearson Education, Inc., publishing as Allyn & Bacon.

 

 Baca beberapa hal ini juga :

Cara Membuat MODUL Pelatihan dalam Skripsi

Teori Regulasi 

Tesis Lebih Mudah dari Skripsi

Syarat Judul Skripsi dan Tesis mudah diterima Dosen

Super cepat membuat Judul Skripsi

 

 

 

Komentar