FEATURED POST

STRATEGI PROPOSAL SKRIPSI/ TESIS CEPAT MATANG


 UNTUK MAHASISWA S1

Saya sarankan untuk mulai mengumpulkan jurnal jurnal terbaru baik jurnal berbahasa Indonesia maupun jurnal berbahasa asing dimulai dari semester IV (empat) mulai nyicil ngetik di kala waktu senggang supaya tidak terlalu berat nantinya kalau mengikuti banyak kegiatan kampus atau yang punya plan kerja sambil kuliah.. kumpulkan referensi referensi yang menarik bagimu.. 

 baca juga : gimana caranya susun BAB 1 , proposal skripsi , kuantitatif/ kualitatif ? 

UNTUK MAHASISWA S2

Ada baiknya juga setelah diterima di Universitas ketika masih semester 1 mulai mengumpulkan referensi referensi yang digunakan untuk bakal calon tesis..

             baca juga : bongkar pertanyaan sidang ! , supaya BAB 2-mu lebih mantap !

UDAH MULAI NGINTIP NGINTIP NIH SIAPA BAKAL DOSEN PEMBIMBING PENELITIAN BAIK SKRIPSI MAUPUN TESIS

Ada baiknya mengutarakan langsung jika ingin dibimbing oleh beliau.. dengan syarat, kalianlah yang aktif menemui Dosen dan gigih memperbaiki alias revisi.. 

             baca juga : sensitif , bahagia belajar dong



JIKA MENEMUI KESULITAN MAKA ??

Misalnya : sudah merasa (cukup sampai di sini saja hehe) sudah benar benar mencari dan berusaha tidak menemukan langsung temui Dosen Pembimbing apapun masalahnya..karena memang kebanyakan mahasiswa sangat sangat super duper merasa sungkan untuk memberitahukan kesulitan dan menyampaikan kegelisahannya setelah berusaha seoptimal mungkin.. seperti ini contohnya : Misalkan Dosen Pembimbing meminta untuk memadukan teori dari barat dengan teori keIslaman.. nah, kalian sudah mencari semua sumber buku maupun jurnal namun belum menemukan maka jangan takut untuk menyampaikan bahwa kalian telah mengusahakannya.. MENCERITAKAN dan MEMOHON ARAHAN Dosen adalah saran terbaik ^^ 

             baca juga : contoh tugas mata kuliah

SERING SERINGLAH KONSULTASI TENTANG KEINGINAN MENELITI SUATU PENELITIAN DENGAN BEBERAPA DOSEN

Mintalah arahan, saran dan pendapatnya..Beberapa Dosen pasti memiliki masukan yang baik bagi pengembangan skripsi atau tesismu.. maka, ambilah yang sesuai dan cocok menurutmu sebagai daya tarik penelitianmu ke depannya tanpa merubah esensi apa yang akan kalian teliti. 

Selanjutnya adalah menurut Prof. Noorhaidi penting untuk nulis nulis nulis baru kemudian revisi.. nulis nulis lagi nulis lagi revisi lagi.. terus seperti itu polanya yaitu nulis nulis nulis revisi.. yang penting adalah konsisten dan pantang menyerah ^^ 

baca juga : judul skripsi/ tesis , buat BAB 1 , Biar Nggak Ganti Judul ! ,

baca juga : Kesalahan Proposal Skripsibuat BAB 4 & 5 , susunan BAB 4

 

Sekian..

Boleh tinggalkan pesan di kolom komentar jika ada yang ditanyakan ^^ 


Baca juga : TIPS MEMBANGUN SEMANGAT MENGERJAKAN SKRIPSI !! 

 

Semangat semangat 

 


Komentar