FEATURED POST

Cara cepat menyelesaikan skripsi hanya enam bulan saja ! (Bukan JOKI )

 




Haloo sahabat Psipus.. Psikologi Kampus.. 

Yuhuu.. Pada postingan sebelumnya tentang mengerjakan Proposal Skripsi yang hanya membutuhkan satu semester aja.. 

 Baca juga :

·         Proposal Skripsi Hanya Satu Semester !

·         Kesalahan Membuat Proposal Skripsi

·         Buat Judul !

·         Susun BAB 1 , Gimana?

 

Sekarang kita jadwal yuuk.. Kalau perlu sekarang siapkan kertas putih berukuran besar,  spidol, dan double tipe.. Jika sudah sambil baca.. Tulis JADWAL NYUSUN PROPOSAL SKRIPSI SELAMA 1 SEMESTER,  CATAT !! Eeeh.. kamu akan temukan kejutan nanti di akhir pembahasan kali ini yaitu BUKAN HANYA TENTANG NYUSUN PROPOSAL SKRIPSI SELAMA 1 SEMESTER NAMUN SKRIPSI SATU SEMESTER.. Yuk segera dimulai.. Eeeiitttsss bentar bentar.. Kalau kamu mau.. Kamu bisa siapin dulu cemilan atau secangkir kopi biar seger ngerjainnya.. Hehe

Oyaa.. Kalau belum makan..makanlah dulu.. Kenapa kami selalu sarankan untuk makan.. Karena jika kalian mengerjakan dalam keadaan lapar maka kalian akan ogah ogahan ngerjakan sesuatu meskipun itu hal yang sangat sederhana.. 

Baca juga :

·         Biar Nggak Ganti Judul

·         Penerapan Penulisan Latar Belakang Masalah

·         Kerangka Menyusun BAB1

·         Susunan BAB 4

·         Mantapkan BAB 2

·         Trik Bab 4 dan BAB 5 Segera ACC

 

Jika kalian sudah makan.. Yuk siapin bahan tadi.. Ada kertas putih berukuran besar,  spidol, dan double tipe.. Sekarang tulis nih >> 

A.  Bulan Pertama : 

Di minggu pertama : 

Permasalahan yang biasa terjadi saat di biro pelayanan skripsi adalah Menunggu kepastian siapakah Dosen Pembimbing Skripsi-mu..  Iya apa iyaa?  Jadi,  saran dari kami adalah tentukan Dosen pmbimbing pilihan-mu saat kalian mengisi form "siapakah Dosen Pembimbing Skripsi-mu".. Saat kalian sudah memasukkan berkas berkas pendaftaran untuk mengambil skripsi ke biro pelayanan skripsi,  maksimal bisa ditunggu kepastian nama Dosen Pembimbing Skripsi adalah memakan kurun waktu tiga minggu.. Yuhuu waktu yang sangat longgar dan waktu emas kan buat bimbingan..

Nah,  saran dari kami nih.. Sebaiknya kalian temui bakal calon Dosen Pembibing Skripsi yang kalian minati dapat membimbing skripsi kalian sampai tuntas dengan syarat saat mengajukan diri kalian siap bersama Dosen Pembimbing tersebut dengan segala bentuk konsekuensinya dan kalian siap aktif meskipun Dosen sulit ditemui.. Fase ini kami sebut sebagai Menjemput Dosen Bayangan Pembimbing Skripsi.. Sesuai persetujuan kalian dengan Dosen Bayangan Pembimbing Skripsi, maka pada form "siapakah Dosen Pembimbing Skripsi-mu" tulislah nama Dosen tersebut!  Dengan catatan,  kalianlah yang aktif menemui beliau dan kalian menulis nama beliau pada form  "siapakah Dosen Pembimbing Skripsi-mu" sudah atas kesepakatan kalian berdua yaitu kamu sebagai mahasiswa bimbingan skripsi dengan Dosen Bayangan Pembimbing Skripsi.

Di Minggu pertama ini pula, kalian berdiskusi dengan Dosen Bayangan Pembimbing Skripsi sembari menunggu keputusan dari biro pelayanan skripsi yang seringkali lama memberikan keputusan dan kepastian sehingga banyak calon mahasiswa skripsi terkatung katung dengan harapan yang tak kunjung hoho... Lanjut di minggu pertama ini,  Apakah kamu sudah siap dengan judul skripsi-mu? Jika belum,  tak masalah.. Hal yang harus kamu lakukan adalah.. Tulislah kemajuan pengerjaan calon penelitian skripsi-mu apapun itu! 

Misal : kamu sudah menemukan fenomena yang menarik yang ingin kamu jadikan sebagai penelitianmu.. Kamu bisa tulisakan hal tersebut menjadi daftar bakal calon judul dan calon variabel penelitian.. Di-list tuh apa aja fenomena yang menarik untukmu.. Seperti : jika beberapa tahun terakhir kasus anak nakal atau kenakalan remaja atau bullying bahkan perundungan sedang hits nih.. Kamu catat aja itu... Selain itu,  di organisasi atau perusahaan masalah keluarnya pegawai dari perusahaan atau burn out atau tentang gaya kepemimpinan pemimpin perusahaan atau tentang workplace incivility dan lain sebagainya.. Kalian bisa kumpulkan beberapa variabel yang menarik untuk kalian teliti..

Mengajukan ke dosen pembimbing tidak harus berbentuk judul.. Kalian tertarik pada sesuatu lalu mendiskusikannya kepada Dosen pembimbing dan menentukan bersama bahwa permasalahan tersebut menggunakan variabel apa sesuai persetujuan Dosen pmbimbing dan minat-mu malah Bagus toh.. Kalian jadi semangat melakukan penelitian dan Dosen Pmebimbing pun jadi semangat kalau mahasiswa bimbingannya antusias.. Selesaikan permasalahan seputar judul-mu kurang lebih 1 minggu saja.. 

Oyaa,  diskusikan dengan Dosen pembimbingmu.. Hari apa saja dan jam berapa saja kamu bisa bimbingan setiap minggunya.. Jika Dosenmu memberikan opsi lebih dari satu hari dalam satu minggu.. Maka beruntunglah kalian.. Langsung saja.. Bilang siap bimbingan di hari dan jam jam tertentu untuk kalian bimbingan skripsi di tiap minggunya.. 

Yakinkan Dosenmu kalau penelitianmu itu penting untuk diteliti,  menarik untuk diteliti,  penelitian-mu terkini atau update kasusnya sehingga Dosen cepet acc.. Jangan lupa perhatikan pula metode penelitian apa yang akan digunakan.. Sesuaikan dengan kemampuanmu atau sesuaikan dengan Dosen pembimbingmu.. Karena mahasiswa dan Dosen pembimbing yang sudah sejalan dari awal akan sangat menguntungkan mahasiswa.. Terlebih saat di bantai saat sidang oleh Pengujii.. Uwooooww kalian pasti akan sangat amazing jika di luar dugaan Dosen Pmebimbingmu ikut membenarkan apa yang diteliti oleh kalian.. 

Minggu kedua :

Jika sudah fix penetapan judul penelitian skripsi di minggu kedua ini,  maka segera buat susunan bab 1 seperti Pendahuluan,  latar belakang masalah,  rumusan masalah,  identifikasi masalah,  manfaat penelitian, tujuan penelitian dan lain lain sesuai format yang ditentukan oleh Program Studi masing masing atau Universitas masing masing. 

Minggu ketiga dan minggu keempat di bulan pertama adalah rajin rajinlah bimbingan dan revisi revisi apa yang telah kalian buat di Bab 1 penelitian skripsi kalian.. Buat target bahwa bulan kedua kalian sudah harus acc bab 1..jika kenyataannya sebelum bulan kedua kalian sudah acc waaaah selamat yaaaa.. Kalian bisa langsung menabung teori dari buku atau jurnal minimal tujuh tahun terakhir.. Biar update penelitian kalian, sehingga Dosen pembimbing tertarik membimbing kalian..

Baca juga :

·         Judul Skripsi

·         Takut Hipotesis-muTidak Signifikan

 

B.     Bulan kedua :

Kumpulkan berbagai teori dari sumber terpercaya seperti buku,  jurnal jurnal terakreditasi dan lain sebagainya.. Pada bulan kedua ini,  pertemuan atau bimbingan dengan Dosen penting untuk mematangkan landasan teori atau kajian pustaka penelitian skripsimu.. 

Di minggu pertama dan minggu kedua :

Buatlah bab 2 yang berisi tentang Definisi variabel baik itu variabel bebas maupun variabel terikat dll,  aspek aspek variabel,  karakteristik variabel, dampak dampak variabel baik dampak positif maupun negatif,  faktor faktor yang mempengaruhi variabel,  dinamika keterkaitan antar variabel,  bagan yang menjalaskan dinamika keterkaitan antar variabel tersebut dan hipotesis.. Lanjutkan dengan bimbingan dan aktif mengajukan revisi supaya berprogres penelitian kalian

Di minggu ketiga dan minggu keempat :

Buatlah bab 3 yang berisi tentang Metode Penelitian,  Jenis penelitian,  Subjek penelitian,  Validitas,  Reliabilitas penelitian,  Blue print penelitian dll..Lanjutkan dengan bimbingan dan aktif mengajukan revisi supaya berprogres penelitian kalian.

Baca juga :

·         Strategi Proposal Skripsi/ Tesis

·         Bongkar Pertanyaan Sidang

 

C.    Di bulan ketiga selama satu bulan : 

Aktif bimbingan dan revisi.. Jika kalian menemukan kesulitan jangan takut tidak berangkat bimbingan.. Ceritakan keluh kesahmu tentang pembuatan bab 2 atau bab 3  pada Dosen pmbimbingmu..

Contoh kasus : misal variabel x kalian diminta untuk mengkombinasikan dengan teori keagamaan atau teori yang ternyata kalian tidak menemukan sama sekali dan merasa kesulitan,  maka segeralah bimbingan untuk menemukan solusi atas masalahmu.. Jangan hanya diam dan menunggu,  masalah yang kau temukan tentang ketiadaan teori diskusikanlah dengan Dosen,  tanyakan Apa yang sebaiknya kalian lakukan,  sampaikanlah bahwa kalian sudah melakukan ini dan itu.. Mohon arahan Bapak/ibu.. Seperti itu.. 

 

D.    Bulan keempat : 

Minggu pertama :

Pastikan sudah di ACC Proposal Skripsi kalian yang sudah kalian kerjakan selama ini, kumpulkan buku dan jurnal jurnal yang kalian pakai.. Selain itu,  masukkan berkas pendaftaran dan proposal skripsi yang sudah ditanda tangani Dosen dengan kata ACC disertai tanggalnya.. Masukkan data data serta isilah form yang harus diisi dan dipersiapkan menurut ketentuan biro pelayanan skripsi.. Daftarlah sidang proposal skripsi di biro pelayanan skripsi.. 

Minggu kedua - minggu keempat :

Biasanya nih yaaah.. Setelah berkas masuk ke biro pelayanan skripsi di Prodi atau Fakultas kalian.. Perlu menunggu waktu lama hehe apalagi kalau ada ketentuan lain dari Universitas yang menyatakan kalian harus lulus Toefl Bahasa Inggris atau Toafl Bahasa Arab serta punya sertifikat lulus KKN (Kuliah Kerja Nyata).. Kumpulkan dulu tuh syarat syaratnya.. Jadi yaa ngumpulin serta nunggu Kapan bisa sidang proposal skripsi yaa.. bisa sebulan mau daftar sidang proposal.. Nggak masalah.. Karena ekspektasi kadang ngga sesuai realita.. Pengennya cepet sidang proposal eeeh ternyata banyak syarat syarat yang harus dipenuhi.. Maka dari itu fase menuju sidang proposal skripsi bisa nyampai satu bulan.. Karena apa?  Karena dari biro pelayanan skripsi harus menyesuaikan jadwal antara Dosen Pembimbing skripsi kalian dengan Para Dosen Penguji.. Belum lagi pemakaian ruang sidang skripsi hehe.. Ribet kan wkwkwk.. Gpp sebentar lagi kalian sidang proposal... Yeiii selamat yaaaaah.. 

Baca juga :

·         Proposal Skripsi Cepet ACC jadi Skripsi

·         Pilih Kuantitatif atau Kualitatif

 

E.     Bulan kelima :

Minggu pertama :

Yeiii akhirnya sidang proposal.. Selamaaaaaat yaaaah..uwoooo luar biasa kalian sudah sampai pada tahap ini.. 

Minggu kedua :

Lumayanlah refreshing..pasca sidang.. Hmmm jangan kelamaan..

Baca : Ini yang Harus Dilakukan Setelah Sidang

Ditarget minggu kedua ini harus selesai revisi dan langsung ke meja bimbingan baik Dosen Penguji dan Dosen Pembimbing Skripsi.. 

Minggu ketiga dan Minggu keempat :

Asiiik masa tunggu, revisi dan revisi.. Sudah selesai.. Wajib bagi kalian untuk selesai di bulan kelima ini.. Waaah proposal skripsi nggak nyampai satu semester dan lima bulan telah terlampaui.. Wah ternyata masih ada satu bulan.. Kesempatan bagus untuk menyelesaikan bab 4 dan bab 5..keren kan.. 

Nggak seserem di bayangin para mahasiswa apalagi mahasiswa baru apalagi mahasiswa senior.. Jadwal ternyata juga sangat penting,  nggak menunda nunda dan aktif bimbingan dengan segera menyelesaikan revisi itu penting banget.. Buat skripsi itu cepet lulus.. 

Eeiiiitsss masih sebulan.. Lanjut yaa

Baca juga :

·         Nilai A, Cumlaude ?

·         Inspirasi Skripsi/ Tesis

 

F.      Bulan keenam alias nginjak satu semester.. 

Minggu pertama :

Proses ambil data,  masukkan ke olah data seperti SPSS dll,  langsung buat bab 4 dan bab 5..

Revisi di minggu kedua :

Jika dapat ACC, kalian luar biasa.. Langsung aja daftar sidang akhir ke biro pelayanan skripsi

Minggu ketiga :

Pelaksanaan sidang akhir +revisi revisi..maka dari itu rutin bimbingan.. 

Minggu keempat :

ACC revisi sidang akhir..yeiii daftar wisuda.. Uwooooowwwaooowwww emeeeejing kan.. Bukan hanya proposal skripsi aja tapi skripsi bisa selesai dalam waktu satu semester aja.. Dahsyaaat kan..kalianlah yang Dahsyat gimana? Jadi semangat kan ngerjakan skripsi kalian.. Buat yang ngerjakan tesis bisa juga loooh.. Pake cara ini.. Dijamin langsung beres langsunh berlalu tuh skripsi dan tesis..pastinya juga bakal bahagia.. Karena kalian berjuang secara mandiri menyelesaikan skripsi mu.. Pasti akan selalu berkesan jika kalian memandangi skripsi yang tebal di atas lemari kalian.. 

Yuuuk semangat bangun semangatmu

Karena kalian pun punya energi positif yang luar biasa menjadikan skripsi kalian menjadi permata.. 

Wiiih mantap kan

Baca juga : Terapi Psikologi

Share yaa gaeeesss.. 

Pasti menginspirasi banget.. 

Terimakasih.. Sampai jumpa di episode episode selanjutnya.. 

 

Komentar