FEATURED POST

Keaslian Penelitian Daya Tarik Bagi Dosen


Home : Artikel update di Psikologi Kampus

Halo selamat pagi sahabatku psikologi kampus masih dengan admin nih yang banyak ditanya oleh rekan-rekan pejuang skripsi terutama tentang keunikan penelitian..

Rekan-rekan pejuang skripsi yang masih bingung tentang keunikan penelitian karena keunikan penelitian itu akan menjadi daya tarik dosen untuk meng-ACC penelitian skripsi atau tesis.. 


Baca juga : Strategi Pencegahan Ganti Judul Skripsi


Baca juga ": Buat Judul Skripsi atau Tesis 


Baca juga bagi peneliti kuantitatif, wajib tahu hal ini : klik di sini 


Nah keunikan penelitian skripsi atau tesis ini dilihat dari keaslian penelitian kalian..

Terus gimana nih contohnya membuat keaslian penelitian sehingga dosen menjadi tertarik untuk membimbing skripsi atau membimbing tesis kamu..


Baca juga : Berbagi pengalaman sampai akhirnya nemu Judul Skripsi


Keaslian penelitian bisa menjadi daya tarik bagi dosen untuk membimbing skripsi atau tesis itu dikarenakan keaslian penelitian bisa menggambarkan keunikan penelitian kamu.. Mengapa begitu karena ketika penelitian kita unik maka penelitian kita penting untuk diteliti untuk memperbaharui penelitian sebelumnya atau telah ditemukannya pembaharuan keilmuan..


Baca ini gaees : kerangka membuat Bab 1 !!


Baca juga : cek plagiarisme GRATIS


Yuk simak apa saja yang dituliskan dalam membuat keaslian penelitian sehingga menjadi daya tarik dosen untuk di ACC penelitian mu :


Contoh nih yaa, saya sebagai peneliti memiliki judul penelitian πŸ‘‰ EFEKTIVITAS TERAPI EMPATI UNTUK MENURUNKAN PERILAKU BULLYING PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR, maka yang saya tuliskan pada penelitian saya tentang Keaslian Penelitian adalah sebagai berikut :


Baca juga : 

Rahasia di Balik Durasi Waktu Sidang Skripsi/ Tesis !!


1. KEASLIAN TEMA. Tuliskan kesamaan dan perbedaan penelitian Anda dengan penelitian yang dilakukan oleh peneliti sebelumnya. Berikut contoh yang dituliskan pada penelitian skripsi maupun tesis kalian πŸ‘‰


 Pada penelitian terdapat persamaan dengan penelitian yang dilakukan oleh Stanbury dkk (2009) di Amerika tentang ''Pengaruh Program Pembangunan Empati Pada Perilaku Bullying'' ("The Effects Of An Empathy Building Program On Bullying Behaviour") dan pada penelitian ini juga menggunakan empati sebagai variabel yang dipilih untuk menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar. Selain itu pada Jurnal Ecopsy tentang empati pada pelaku bullying yang diteliti oleh Dwi Nur Rachmah menjelaskan bahwa ada keterkaitan antara empati dengan perilaku bullying sehingga dalam hal ini, peneliti memilih tema empati sebagai variabel yang dipilih untuk menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar. 

Penelitian selanjutnya oleh Sari dkk (2015) dengan judul penelitiannya adalah “Pelatihan Meningkatkan Empati Melalui Psikoedukasi Kepada Pelaku Bullying Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Bullying Di Sekolah Menengah Pertama”, hal 1-16, Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Penelitian ini dilaksanakan di sebuah Sekolah Menengah di Kota Bandung. Pada penelitian Sari dkk terdapat perbedaan dalam variabel yang ditentukan. Penelitian Sari dkk variabel bebasnya adalah pelatihan meningkatkan empati melalui psikoedukasi pada pelaku bullying dan variabel tergantung yang dijadikan sebagai tema ialah empati. 

Penelitian selanjutnya terdapat kesamaan dan perbedaan penelitian ini dengan penelitian yang lain. Peneliti memiliki kesamaan dengan penelitian yang dilakukan oleh Stanbury dkk yaitu memberikan empati untuk menurunkan perilaku bullying dan pada penelitian yang dilakukan oleh Sari dkk terdapat perbedaan yaitu variabel yang diteliti. Penelitian Sari dkk menggunakan empati sebagai variabel tergantung sedangkan peneliti menggunakan penurunan perilaku bullying sebagai variabel tergantungnya.

 

Baca juga : beberapa kesalahan dalam membuat proposal skripsi


Baca juga : Cara susun Bab 3


2. KEASLIAN TEORI. Tuliskan perbedaan teori yang digunakan oleh Anda sebagai peneliti dengan teori yang digunakan oleh peneliti sebelumnya. Jika Anda peneliti eksperimen maka cantumkan pula Anda menggunakan teori modul atau panduan pelaksanaan treatment atau eksperimennya menggunakan aspek aspek dari teorinya tokoh siapa. Tuliskan hal tersebut.


Pada penelitian ini terdapat perbedaan teori dengan penelitian Stanbury dkk (2009) yang melakukan studi mengenai ''Pengaruh Program Pembangunan Empati Pada Perilaku Bullying''("The effects of an Empathy Building Program on Bullying Behaviour"). Pada penelitian eksperimen yang dilakukan oleh Stacy dkk yang melakukan penelitian di Amerika menggunakan teori Newman, D., Horne, A., & Bartolomucci,C. (2000). Bully busters : A teacher's manual for helping bullies, victims and bystanders. Champaign, IL: Research Press serta menggunakan Bullach, C.,Fullbright,J., & Williams,R.(2003). Bullying behaviour: What is the potential for violence at your school? Journal of Instructional Psychology,30,156-164 dan teori Sullivan, K. (2000). The anti-bullying handbook. Newyork: Oxford University Press.U.S Departement of education, office for civil rights (2003). School crime supplement to the Nation Crime Victimization Survey, Washington, DC.Author.

 

Pada penelitian terapi empati untuk menurunkan perilaku bullying pada anak usia sekolah dasar ini menggunakan beberapa referensi dari hasil penelitian di Negara Indonesia seperti Pambudhi dkk (2015) tentang Efektivitas Group Cognitive Behaviour Therapy (GCBT) dalam menurunkan kecemasan menghadapi pelaku bullying ditinjau dari harga diri pada korban bullying. Terdapat pada Jurnal JIPT, 3 (1): 18-31 kemudian Rachmah (2014) dengan judul Empati pada pelaku bullying yang terdapat dalam jurnal Ecopsy, 1 (2): 51-58 kemudian Sercombe,Howard dan Brian Donnelly (2013). Bullying And Agency : Definition,Intervention And Ethics. Journal Of Youth Studies (Routledge Taylor & Francis Group, 16 (4): 491-502 dan menggunakan penelitian Usman (2013). Kepribadian, komunikasi, kelompok teman sebaya, iklim sekolah dan perilaku bullying,jurnal humanitas,X (1): 49-60. Peneliti menggunakan teori dari Beane (2008) tentang Protect Your Child from Bullying : Expert Advice to Help You Recognize, Prevent, and Stop Bullying Before Your Child Gets Hurt. San Fransisco: Jossey-Bass.

 

Peneliti menggunakan teori Beane (2008) untuk menurunkan bentuk –bentuk perilaku bullying sebagai panduan behavioral checklist peneliti dan menggunakan teori Cole-King, A. & Paul Gilbert. (2011). “ Why Teach Compassion?” : Compassionate Care : The Theory And The Reality. Journal Of Holistic Healthcare. Vol 8 (3) 29-37 pada teori aspeknya untuk diturunkan sebagai modul terapi empati.


 Baca juga : biar nggak ganti judul skripsi

             bongkar pertanyaan sidang skripsi ! 


3. KEASLIAN ALAT UKUR. Tuliskan dengan teori apa penelitianmu menggunakan teori. Apakah disusun sendiri ataukah memodifikasi alat ukur dari peneliti penelitian sebelumnya yang sama dengan penelitian Anda.


Penelitian yang dilakukan oleh Hertinjung (2013) dengan judul penelitian ''Bentuk -bentuk perilaku bullying di sekolah dasar menggunakan skala bullying'' dimodifikasi dari school life survey yang disusun oleh Chan, Myron dan Crawshaw (2005). Skala ini mengukur bentuk-bentuk bullying fisik, verbal dan relasional dan dibagi menjadi dua bagian. Bagian satu untuk mengukur bentuk-bentuk bullying pada pelaku, terdiri dari 9 aitem sedangkan bagian kedua mengukur bentuk -bentuk bullying pada korban terdiri dari 15 aitem. Skala bentuk bullyingmemiliki dua pilihan jawaban yaitu ya dan tidak dengan skor 1 untuk ya dan 0 untuk tidak. Skor yang semakin tinggi pada suatu bentuk menunjukkan bahwa bentuk bullying tersebut semakin sering dialami atau dilakukan.

 

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan behavioral checklist buatan sendiri yang diturunkan dari bentuk – bentuk perilaku bullying dengan teori milik Beane (2008).


Ini menginspirasi buangeet ! mengerjakan skripsi hanya butuh waktu satu semester : klik di sini !


4. KEASLIAN SUBJEK PENELITIAN. Tuliskan subjek penelitianmu siapa dan berlokasi di mana..intinya adalah tuliskan objek penelitianmu berbeda dari peneliti penelitian sebelumnya.


Peneliti memiliki subjek yang berbeda dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Stanbury dkk. Pada penelitian Stanbury dkk dijelaskan bahwa subjek penelitian tersebut adalah siswa kelas tujuh dan kelas delapan dengan usia 13 tahun sampai dengan 14 tahun, semua berasal dari sekolah menengah yang sama. Penelitian selanjutnya oleh Herly Novita Sari, Poeti Joefiani dan Ahmad Gimmy Prathama Siswadi dengan judul penelitiannya adalah “Pelatihan Meningkatkan Empati Melalui Psikoedukasi Kepada Pelaku Bullying Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Bullying Di Sekolah Menengah Pertama”, penelitian ini dilaksanakan di sebuah Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung.

 

Sedangkan pada penelitian ini, subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar dengan usia 10-12 tahun yaitu kelas IV dan kelas V Sekolah Dasar Negeri SXxxx, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


Baca ini bagi Anda yang masih bingung membuat judul skripsi dan tesis :

1. Cara Buat JUDUL !!

2. Supaya NGGAK GANTI JUDUL 

3. YAKIN Buat JUDUL Tapi Masih BINGUNG Buat JUDUL !!

4. Yang dilakukan ketika sudah menyerah buat Judul !! 

6.  Fakta Mahasiswa Minta Judul πŸ€”

7. Mengapa Anda Memilih Judul Ini ? Begini cara menjawab-nya

8. Berbagi pengalaman sampai akhirnya nemu Judul Skripsi

9. Tips Mengatasi Gawat ketika Sudah mau Seminar Proposal Skripsi Tapi Dosen Minta Ganti Judul

10. Full Skripsi Hanya 6 Bulan saja

11. Cara Menentukan Judul Skripsi Psikologi

                              12. Saat Dosen Menawarkan Judul Skripsi Yang Tidak Disukai Anda 

                              13. 4 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memulai Skripsi

                              14. Mengenal Judul Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif Secara Express

                              15. Masih relevankah Judul tentang Covid-19 untuk penelitian ?

                              16. Super cepat membuat judul skripsi

                              17. Syarat Judul Skripsi dan Tesis Mudah Diterima 

                              18. Judul Skripsi Psikologi (pandemi covid 19)

                              19. Penting ! Pahami Kata Per Kata Judul Skripsi Anda

                              20. JUDUL AQIDAH & FILSAFAT BERKAITAN DENGAN ILMU PSIKOLOGI!


Sumber referensi : 


Beane, A.L. (2008). Protect Your From Bullying : Expert Advice To Help You Recognize, Prevent, And Stop Bullying Before Your Child Gets Hurt. San Faransisco : Jossey-Bass


Hertinjung, W.S. (2013). Bentuk – Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar Menggunakan Skala Bentuk Bullying. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Parenting : 450-458


Pambudhi Dkk. (2015). Efektivitas Group Cognitive Behavior Therapy (Gcbt) Dalam Menurunkan Kecemasan Mengahadapi Pelaku Bullying Ditinjau Dari Harga Diri Pada Korban Bullying. Jurnal JIPT, 3 (1):18-31


Rachmah, D.N. (2014). Empati Pada Pelaku Bullying, Jurnal Ecopsy, 1 (2):51-58


Sari H.N, Dkk. (2015). Pelatihan Meningkatkan Empati Melalui Psikoedukasi Kepada Pelaku Bullying Sebagai Upaya Untuk Mengurangi Bullying Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran, 1-16


Stanbury, et-al. (2009). The Effect Of An Empathy Building Program On Bullying Behavior The Canadian Journal Of Psychiatry, 48: 577-582


Usman, I. (2013). Kepribadian, Komunikasi, Kelompok Teman Sebaya, Iklim Sekolah Dan Perilaku Bullying. Jurnal Humanitas, X (1): 49-60



Baca juga : 

Rahasia di Balik Durasi Waktu Sidang Skripsi/ Tesis !!


Baca juga : FAKTA Alat Ukur/ Kuisioner mudah DI ACC DOSEN


Baca juga : Cara Menentukan Variabel Prediktor Pada Penelitian Korelasional


Baca juga : Tips MENCEGAH PIKIRAN NEGATIF Saat Mengerjakan SKRIPSI


Semoga bermanfaat

Komentar

  1. Skripsi buat judul aqidah filsafat ka

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://psipus-psikologikampus.blogspot.com/2021/01/judul-aqidah-filsafat-berkaitan-dengan.html?m=1 semoga bermanfaat kak

      Hapus
    2. Ada di postingan terbaru y Kak

      Hapus

Posting Komentar